Arena Olahraga Sumatera Barat

70-an Pemain Ikuti Seleksi Tahap 1, PSP U-15 Dapatkan 33 Pemain

Bersiap hadapi kompetisi PSSI 2018, untuk Piala Soeratin U-15

arenasumbar.com – PSP U-15 untuk sementara mendapatkan 33 pemain hasil seleksi terbuka yang digelar di Stadion. H. Agus Salim, Padang, Minggu (15/4).

Ke-33 pemain hasil seleksi ini bakal kembali menjalani seleksi tahap II Rabu (18/4) ditempat yang sama dengan materi tes fisik.

Keterangan ini disampaikan Muhammad Jeki, manager coach PSP U-15 sehabis mengumumkan hasil seleksi pemain yang mengatakan langkah awal pembentukan tim didahului dengan menyeleksi lebih kurang 70-an pemain muda yang berasal dari SSB (Sekolah Sepak Bola) di Kota Padang.

“Manajemen menginstruksikan pembentukan tim PSP U-15 untuk diterjunkan ikut kompetisi Piala Soeratin. Langkah pertama kita lakukan seleksi terbuka dengan mengundang pemain-pemain muda SSB se-Kota Padang. Bahkan ada yang datang dari luar Padang. Dari sekitar 70-an peserta kita langsung umumkan 33 pemain lolos seleksi tahap 1,” tutur Jeki kepada arenasumbar.com.

Jeki menjelaskan pemain yang lolos tahap 1 sesuai regulasi Piala Soertin 2018 nanti kelahiran 2003 dan 2004. Makanya tim seleksi PSP U-15 yang terdiri dari dia sendiri, Imran Hadi, Tri Gustian dan Aidil Marwanto cukup berhati-hati memilih pemain karena mesti mencocokan dengan komposisi kelahiran.

“Ya, peserta seleksi kemampuan bermain, visi permainan mereka merata. Kita pun memilih terbatas dengan adanya ketentuan 50-50 pemain kelahiran 2003 dan 2004. Setelah dilihat melalui gim, kita putuskan 33 pemain pilihan. Yang lain bukannya tidak berkualitas tapi ada pertimbangan tadi. Itu lah yang menurut kami terbaik,” lanjut Jeki yang diamini Imran Hadi, jajaran pelatih lainnya.

Namun, menurut Jeki masih ada tahapan kedua bagi 33 pemain hasil seleksi ini. Tim pelatih akan menilai lagi kondisi fisik masing-masing dengan serangkaian tes fisik.

“Seleksi tahap 2, 33 pemain ini di tes VO2 Max nya, Rabu depan. Kita fokuskan dulu kekuatan fisik dan kondisi baru lanjutannya menilai detail kemampuan skill dan teknik,” urainya.

Salah satu pemain yang lolos seleksi, Farel

Menyoal kuota pemain yang akan jadi komposisi utama PSP U-15, Jeki menyebutkan 24-25 pemain.

“Kuota dari manajemen 24-25 pemain. Tapi lihat perkembangan kedepan. Tadi untuk posisi kiper hanya dua orang yang lolos. Bisa saja ada penambahan satu kiper lagi,” sambungnya.

Pada musim 2017, PSP U-15 merupakan juara Sumbar yang lolos ke putaran nasional. Pada babak nasional, PSP U-15 yang saat itu bermaterikan pemain kelahiran 2002 berhasil menembus babak 8 Besar.

“Musim lalu, kita juara Sumbar. Materinya pemain yang sekarang naik kelas ke tim PSP U-17. Jadi musim ini kita kan semaksimal mungkin menyamai prestasi tim terdahulu. Masih banyak waktu dalam melakukan persiapan. Saya dengar kapan jadwal kick-off juga belum ada kepastian. Yang pasti sesudah lebaran,” tutup Jeki.

Komentar

Komentar

Berita Terkait