Arena Olahraga Sumatera Barat

AAFI Sumbar Terbentuk, Siapkan Kompetisi Futsal Usia Muda Setiap Tahun

Pengelola tim-tim Akademi Futsal se-Sumbar sepakat bentuk AAFI Sumbar

arenasumbar.com – Pertemuan penggiat futsal Ranah Minang di Rafhely Futsal By Pass Kota Padang, Sabtu siang (28/4) menginisiasi terbentukya AAFI (Asosiasi Akademi Futsal Indonesia) Sumbar yang bakal mewadahi munculnya kompetisi futsal usia muda pada tahun 2018 ini.

Pembentukan AAFI Sumbar ingin melahirkan generasi penerus pefutsal Sumbar lewat sebuah intensitas kompetisi tiap tahunan itu telah disepakati bersama oleh pengelola tim-tim Akademi Futsal se-Sumatera Barat yang menghadiri pertemuan tersebut.

H. Yasman Yanusar yang mengagas terbentuknya AAFI Sumbar ini menegaskan tahun ini momentum yang sangat hadirnya AAFI Sumbar karena bisa mengakomodir kebutuhan tim-tim Akademi Futsal yang ada di Kota maupun Kabupaten seluruh Sumbar.

“Sebenarnya kita (Sumbar) sudah cukup tertinggal dalam hal ini. Di kota-kota Pulau Jawa, terutama Jawa Barat dan Jakarta, AAFI telah tiga tahun belakangan berkiprah dan berkontribusi melahirkan kompetisi futsal usia muda, khususnya U13 tahun dan U16 tahun. Sudah banyak pefutsal-pefutsal keluaran kompetisi AAFI itu yang sekarang jadi pemain profesional pada sejumlah klub Liga Pro. Jadi saatnya sekarang kita (Sumbar) bergerak dengan pembentukan AAFI Sumbar,” jelas H. Yasman Yanusar memberikan pandangannya.

Pria yang sering disapa Pak Haji menjelaskan AAFI Sumbar nantinya selaku wadah independen yang dihuni personal-personal pengelola tim Akademi bisa berkontribusi besar membantu program pembinaan futsal usia muda di Sumbar yang akan mengangkat harga diri Sumbar di level futsal nasional.

“AAFI Sumbar nantunya berjalan independen menyusun dan melaksanakan program. Tujuannya murni untuk memajukan futsal lewat kompetisi usia muda yang teratur tiap tahunnya,” ulas pak Haji.

Selain Pak Haji, pada pertemuan yang dihadiri sejumlah pengelola tim Akademi Futsal se-Sumbar, yakni Andrian Andika (Rafhely Futsal Academy) Tri Muhadi (Vamos Academy), Andi Zulmi (MHS Futsal Academy), Atar, Deswandi (Glory Academy), Dedi Armansyah (Kota Pariaman Futsal Academy), Fajri (Cokbet Kota Solok), Jerzi (Wadadibaku Kab. Solok) dan Yosrizal, diputuskan sejumlah kesepakatan mengenai struktur organisasi dan calon pengurus AAFI Sumbar.

Kesepakatan penting yang disetujui , yaitu menetapkan calon pembina sekaligus penasehat AAFI Sumbar 2018 yakni H. Yasman Yanusar, H. Syukrial, Yosrizal, Sigit Sugito, Boedi Satria dan Andi Zulmi.

Sedangkan calon kandidat Ketua adalah Tri Muhadi Putra, Atar, Dasrul (Padang Futsal Academy) serta Boedi Satria.

“Ini sudah pertemuan kedua. Pertemuan yang kedua ini ada dua poin kesepakatan yaitu mengenai susunan pembina sekaligus penasehat AAFI. Kemudian kandidat Ketua. Ini akan kita sosialisasikan kepada pengelola tim-tim Akademi Futsal yang akan jadi calon anggota AAFI Sumbar,” terang Tri Muhadi, salah seorang motor pembentukan AAFI Sumbar.

“Selain dua hal itu. Tadi kita sudah berdiskusi menginventarisir nama-nama tim Akademi Futsal sebagai calon anggota AAFI Sumbar. Kita juga akan kembali mengadakan pertemuan untuk menyusun struktur kepengurusan lengkap AAFI serupa pemilihan Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Koordinator Bidang-Bidang yang akan dibentuk,” jelas Tri Muhadi yang diamini Andi Zulmi, pengelola MHS Futsal Academy.

Berikut hasil kesepakatan pertemuan :
1. Draft Pengurus AAFI Sumbar 2018
– Pembina/Penasehat : H. Yasman Yanusar, H. Syukrial, Yosrizal, Sigit Sugito, Boedi Satria dan Andi Zulmi.
– Kandidat Ketua : Tri Muhadi Putra, Atar, Dasrul, Boedi Satria.
2. Nama-nama tim Akademi Futsal se-Sumbar :

KOTA PADANG :
1) Rafhel Futsal,
2) Vamos Padang,
3) MHS FA,
4) Glory,
5) Padang Futsal,
6) KM Futsal,
7) Satelitte
8) RZ Kenzi
9) SMANDU

LUAR PADANG :
1) Kota Pariaman
2) TSC Pariaman
3) LA Padang Pariaman
4) WADADIBAKU Kab. Solok
5) COKBET Solok
6) Berlian Muda Solok
7) Vamos Bukittinggi
8) RZ 15 Limapuluh Kota

Komentar

Komentar

Berita Terkait