Arena Olahraga Sumatera Barat

AFP Sumatera Barat Pantau Pemain di Liga Futsal Nusantara dan Porprov Sumbar 2018

Bidik lolos beruntun ke PON 2020 Papua.

arenasumbar.com – AFP (Asosiasi Futsal Provinsi) Sumatera Barat memulai pembentukan tim Futsal yang kuat dan bertugas meloloskan diri ke PON 2020 di Papua.

Untuk itu langkah pemantauan pemain mulai dilakukan guna menjaring pemain-pemain terbaik Ranah Minang.

Ditemui arenasumbar.com, Sabtu (22/9), Ketua AFP Sumbar, H. Yasman Yanusar menyatakan pemantauan awal yang mereka dilakukan usai berkoordinasi dengan KONI Sumbar, akhir Agustus lalu.

Pria yang berciri khas rambut putih dan akrab disapa Pak Haji itu menerangkan dua iven yang yang dijadikan pemantauan pemain adalah Liga Futsal Nusantara (LFN) Sumbar 2018, yang sudah berlangsung 8-14 September dan ajang Porprov Sumbar 2018 di Padang Pariaman, November mendatang.

Pada hajatan LFN 2018 September yang sudah berjalan, tim Talent Scouting AFP Sumbar sudah mengantongi sekitar 40 nama pemain yang akan ditambah dengan hasil pemantauan pada Porprov.

“Sudah ada 40 nama yang jadi data base awal kita. Nama-nama itu nanti akan kita panggil untuk menjalani seleksi nanti,” kata Pak Haji.

“Tapi tak tertutup kemungkinan, kita dahului juga dengan memberi kesempatan dalam sebuah seleksi umum, untuk pemain yang terpantau diluar LFN dan Porprov. Siapa tahu ada “buah salek” yang berpotensi,” sambungnya.

“Program Pra PON 2020 ini akan dimulai awal tahun 2019. Pemain yang masuk radar AFP adalah pemain kelahiran 1997 dan seterusnya, sesuai limit usia yang ditetapkan di PON 2020,” lanjut Pak Haji.

“Target pertama kita adalah lolos ke PON, karena bagaimanapun reputasi kita sebagai daerah pertama yang meraih medali emas di PON, tetap harus kita jaga,” tegasnya.

Karena itu, H. Yasman juga berharap dukungan dari KONI Sumbar agar AFP Sumbar bisa mempersiapkan tim futsal terbaik Sumbar.

“Saya melihat, untuk pemain kelahiran 1997 keatas banyak yang bermunculan dan berpotensi, sehingga kita bisa membuat sebuah tim yang solid dan kompetitif nantinya,” kata pria asal Sungayang. salah satu Nagari di Kabupaten Tanah Datar.

Menyoal tim pelatih yang akan menangani tim Futsal Sumbar tersebut, Pak Haji mengaku telah melakukan rapat pengurus dan Exco yang mempertimbangkan beberapa nama yang sangat berkompeten masuk jadi pelatih.

“Kandidatnya masih dalam pertimbangan kami,” tukas Pak Haji belum bersedia menyebutkan nama-nama tim pelatih Futsal Sumbar itu.

Komentar

Komentar

Berita Terkait