Arena Olahraga Sumatera Barat

Ajak Anggota Linus Futsal Dirikan Tim Akademi, AFP Sumbar Siap Fasilitasi Pembentukan AAFI Sumbar

Wadah pembinaan bakat dan talenta usia muda Futsal Sumbar

arenasumbar.com – AFP (Asosiasi Futsal Provinsi) Sumbar mendorong terbentuknya AAFI (Asosiasi Akademi Futsal Indonesia) Sumbar yang merupakan langkah awal menuju terselenggaranya kompetisi pembinaan usia muda di tingkat daerah yang bakal bermuara ke pentas nasional.

Menampung potensi bakat dan talenta pefutsal Ranah Minang, AFP Sumbar coba menjembatani terbentuknya AAFI Sumbar wadah independent mengakomodir keberadaan sejumlah tim Akademi Futsal yang mulai bermunculan lagi serupa MHS Winner, Akademi Futsal Rafhely, Akademi Futsal Vamos Padang dan Bukittinggi dan yang berada di Kabupaten/Kota seperti Pariaman, Lima Puluh Kota dan lain-lain.

Dijumpai arenasumbar.com, Minggu (15/4), Ketua AFP Sumbar H. Yasman Yanusar mengapresiasi keberadaan tim-tim Akademi tersebut. Dirinya menyambut antusias karena bisa membuka kran lahirnya generasi baru pefutsal Sumbar di masa-masa akan datang.

“Untuk awal, AFP Sumbar akan fasilitasi mereka untuk segera membentuk AAFI Sumbar. Pengelola-pengelola Akademi berkumpul dan menentukan pengurus struktur organisasi sendiri. Setelah itu independen menjalankan program sendiri. Terutama mengadakan kompetisi sendiri level U-13 tahun dan U-16 tahun,” ujar pria yang familiar disapa Pak Haji.

Sejatinya AAFI di level pusat sudah berdiri sejak 10 Maret 2013 silam. Terkonsentrasi di Bekasi, Jawa Barat dan DKI Jakarta disebutkan tujuan pendiriannya supaya tim-tim futsal Akademi saling bersinergi satu sama lain, saling berbagi ilmu serta wawasan guna menciptakan kurikulum pembelajaran dasar futsal dan lain lainnya, agar akademi-akademi futsal yang ada dalam asosiasi itu, menjadi tempat yang layak untuk belajar futsal yang baik bagi anak usia dini.

Pada 2013 itu, AAFI langsung menggelar Liga Futsal U1-3 tahun dan U-16 tahun sebab kematangan seorang pemain dan tim harus melalui kompetisi yang berjenjang dan berkualitas, kawah candradimuka terasahnya bakat-bakat pemain muda.

AFP Sumbar sendiri melihat perkembangan AAFI bagus dan sangat potensial selaras dengan program FFI Pusat. Tak ingin tertinggal lebih jauh, 2018 ini jadi momentum terbentuknya AAFI Sumbar. Pak Haji mengajak klub-klub peserta Liga Futsal Nusantara Sumbar turut menghidupkan tim-tim Akademi sendiri.

“Kalau AAFI Sumbar berdiri, mereka bisa menggelar kompetisi berjenjang tiap tahun dari tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi kemudian mewakili Sumbar ke tingkat nasional,” terang Pak Haji.

“Saya telah berkomunikasi dengan salah seorang pengelola Akademi dan mengatakan AFP Sumbar siap fasilitasi pendiriaan AAFI Sumbar,” tutupnya.

Komentar

Komentar

Berita Terkait