Arena Olahraga Sumatera Barat

Batal Di Stadion H. Agus Salim, Grand Final Liga 3 2018 Sumbar Bergulir di Lubuk Basung, 27-30 Juli

Perebutan Dua Wakil Sumbar ke Babak Regional

arenasumbar.com – Grand Final perebutan slot dua wakil Sumbar (Sumatera Barat) menuju babak regional Liga 3 2018 dipastikan bergulir mulai Jum’at, 27 Juli hingga 30 Juli di Stadion Bukik Bunian, Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Empat tim, yaitu Solok FC (juara grup E), Pes Pessel (runner-up grup E), Persiju Sijunjung (juara grup F) dan Batang Anai FC (runner-up grup F) yang melesat dari Babak 8 Besar akan beradu kekuatan di tempat netral.
Itu setelah terbitnya surat penunjukan dari Asprov PSSI Sumbar kepada Askab Agam dan PSKA Agam sebagai pelaksana pertandingan Grand Final, nomor : 16/LIGA-SB/VII/2018 tertanggal Padang, 25 Juli 2018.

“Pada babak pertama kompetisi yakni penyisihan grup dan babak kedua, pertandingan 8 Besar, kita panpel dari Asprov sudah memberikan kesempatan tuan rumah kepada klub-klub peserta. Untuk babak ketiga ini, berdasarkan keputusan rapat koordinasi bersama antara Panpel dan Asprov, Grand Final akan bermain di tempat netral. Kita tunjuk Stadion Bukik Bunian, Lubuk Basung, Agam,” jelas Yulius Dede, Ketua Panpel Kompetisi PSSI 2018, Liga 3 dan Piala Soeratin kepada arenasumbar.com, Kamis sore (26/7).

Keputusan kenapa Stadion Bukik Bunian, Lubuk Basung? Dan bukan tempat netral lainnya seperti Stadion H. Agus Salim di Padang yang nota bene adalah Ibu Kota Provinsi Sumbar, Yulius Dede menerangkan pihak panpel sejatinya memang menginginkan Grand Final berjalan di stadion kebanggaan masyarakat sepakbola Ranah Minang tersebut.

Tetapi ternyata ada laga usiran Liga 1 2018 antara Sriwijaya FC kontra yang bakal bermain pada Minggu, 29 Juli, juga di Stadion H. Agus Salim, otomatis ini bisa mengacaukan jadwal pertandingan Grand Final Liga 3 2018 zona Sumbar yang jauh-jauh hari telah mendapat warning PSSI untuk mengirimkan hasil kompetisi paling lambat 31 Juli 2018 mendatang.

Panpel dan Asprov pun akhirnya mengambil langkah cepat berkomunikasi dengan seluruh manajemen tim peserta 4 (empat) Besar tersebut.

“Stadion H. Agus Salim, Padang yang dipilih pihak operator Liga Indonesia Baru (LIB) dan tuan rumah Sriwiyaja FC untuk menjamu Borneo FC tanpa penonton pada Minggu 29 Juli mendatang,” jelas Dede.

“Komunikasi kita (panpel) dengan pihak UPT Stadion H. Agus Salim juga membenarkan ada surat masuk dari pihak LIB terkait itu. Makanya kita tidak mau beranda-andai dan langsung memutuskan pengalihan ke Lubuk Basung saja karena hasil kompetisi di Sumbar harus disetor ke PSSI paling lambat Selasa, 31 Juli,” ulasnya.

Menurut Dede, selain hal tersebut tak mungkin diulur lagi, panpel mesti bergerak cepat terkait persoalan venue pertandingan sebab tidak ingin merugikan tim-tim peserta yang nantinya terlanjur ke Padang.

“Beberapa tim sudah ada yang booking penginapan di Padang. Tapi rumor Sriwijaya FC melawan Borneo FC sepertinya menguat arahnya ke Stadion H. Agus Salim. Kitapun langsung berkoordinasi dan tetapkan pindah venue ke Stadion Bukik Bunian, tempat netral berikutnya,” tukas salah seorang Match Comissioner Liga Indonesia 2018 itu.

Panpel sendiri telah mengirimkan surat resmi penunjukan tempat pelaksanaan beserta jadwal Match Coordination Meeting (MCM) alias manager meeting dan jadwal pertandingan kepada masing-masing manajemen tim peserta Grand Final.

Dari surat pemberitahuan MCM tersebut tertulis pada Kamis, 26 Juli 2018 bertempat di Sekretariat Panpel, Kantor Asprov PSSI Sumbar, Pintu Utama VIP Barat Stadion H. Agus Salim, Padang, mulai jam 14.00 WIB (tepat waktu).

“Ya, tadi sudah selesai MCM. Kita ulang penyampaian soal regulasi pertandingan dan penyampaian kostum bertanding per laga dari masing-masing tim,” tutup Dede.

Berikut Jadwal Lengkap Pertandingan Grand Final :
MATCH DAY 1, JUM’AT (27/7)
Match 1, 13.30 WIB : Solok FC vs Batang Anai FC
Match 2, 15.30 WIB : Persiju vs Pes Pessel
MATCH DAY 2, SABTU (28/7)
Match 1, 13.30 WIB : Batang Anai FC vs Persiju
Match 2, 15.30 WIB : Pes Pessel vs Solok FC
MINGGU, (29/7) —— ISTIRAHAT ——–
MATCH DAY 3, SENIN (3/7)
Match 1, 13.30 WIB : Batang Anai FC vs Pes Pessel
Match 2, 15.30 WIB : Persiju vs Solok FC

Komentar

Komentar

Berita Terkait