Arena Olahraga Sumatera Barat

Batang Anai FC dan Pespessel Punya Kewajiban Ikut Piala Indonesia 2018

Tidak ikut, sanksinya tidak boleh tampil di Liga 3 Indonesia 2018

PADANG – Dua klub juara dan runner-up Liga 3 Indonesia 2017 tingkat Provinsi Sumbar Batang Anai FC Padang Pariaman dan Pespessel Pesisir Selatan dipastikan wajib ikuti gelaran Piala Indonesia 2018 yang dihelat lagi oleh PSSI Pusat di musim kompetisi 2018 ini. .

Itu ditegaskan Ketua Asprov PSSI Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo dalam rapat pengurus persiapan kompetisi resmi PSSI musim 2018 di kantor sekretariat Pintu Utama Stadion H. Agus Salim, Padang, Rabu (7/3).

Menyangkut hal ini, disampaikan Indra sesuai isi surat edaran perihal Penyelenggaraan Piala Indonesia 2018 nomor 444/AGB/84/I-2018 dan nomor 531/AGB/94/II-2018 serta nomor 778/AGB/135/III-2018 perihal perpanjangan Waktu Batas Pengiriman Formulir Keikutsertaan Piala Indonesia 2018 yang ditanda tangani Sekjen PSSI Ratu Tisha.

Pertama, keikutsertaan klub bersifat wajib. Kedua, Formulir kesediaan ikut Piala Indonesia 2018 diperpanjang sampai 10 Maret 2018. Ketiga, Apabila klub tidak mengikuti Piala Indonesia 2018, maka klub tersebut tidak bisa mengikuti kompetisi PSSI lainnya.

“Andai Batang Anai FC dan Pespessel tidak ikut Piala Indonesia 2018, PSSI Pusat melarang keduanya tampil di kompetisi Liga 3 2018. Ini memang berat karena butuh biaya yang lebih besar bagi kedua tim. Tapi itu sudah jadi keputusan pusat. Jangan nanti dikira Asprov yang membuat ketentuan ini. Kita Asprov cuma bersifat menjalankan aturan dari pusat,” jelas Indra.

“Khusus Piala Indonesia, korespondensi dari PSSI Pusat langsung ke masing-masing klub, Batang Anai dan Pespessel. Tidak ke Asprov. Jadi disarankan manajemen klub rajin-rajin update email timnya,” ujarnya.

Sementara pelatih Batang Anai FC Aminuddin dalam kesempatan yang sama mengatakan Batang Anai FC siap mengikuti Piala Indonesia 2018 dan sudah mengirimkan formulir pengisian keikutsertaan mereka.

“Kita siap ikut Piala Indonesia. Saat ini Batang Anai FC sudah melakukan persiapan tim. Cuma masih menunggu jadwal pasti penyelenggaraan dan regulasi pemainnya. Kalau regulasi pemain Liga 3 2018 membatasi usia pemain kelahiran 1 Januari 1996 dan tahun setelahnya ditambah tiga pemain senior Usia 23 tahun keatas. Apakah untuk Piala Indonesia sama juga. Sedangkan Piala Indonesia juga diikuti klub-klub Liga 2 dan Liga 1,” ulas Aminuddin.

Senada dengan Batang Anai FC, menejer tim Pespessel Era Sukma yang juga Exco Asprov PSSI Sumbar menegaskan mereka juga menyatakan kesediaan siap untuk mengikuti Piala Indonesia. Hanya saja persoalannya serupa dengan yang disampaikan Aminuddin menyoal jadwal dan regulasi pemain.

“Saya menyatakan kesiapan dan kesediaan Pespessel ikut Piala Indonesia. Sama dengan Batang Anai FC, tinggal menunggu jadwal dan regulasi ataupun ketentuan lainnya dari PSSI Pusat,” ujarnya.

PSSI kembali menyelenggarakan Piala Indonesia setiap tahunnya. Dimulai musim kompetisi 2018 ini, Piala Indonesia menggunakan sistim gugur sepanjang periode pertandingan April-November mendatang.

Diikuti 128 klub anggota PSSI baik profesional maupun amatir. Juara Piala Indonesia 2018 mewakili Indonesia di kompetisi AFC Cup musim 2019.

“Jadi ada tiga klub Sumbar ikut Piala Indonesia. Ada Semen Padang FC, Batang Anai FC dan Pespessel. Surat menyuratnya ketiganya tim ini langsung berkoordinasi dengan PSSI Pusat,” tambah Hendra Dupa, Sekum Asprov PSSI Sumbar.

Komentar

Komentar

Berita Terkait