Dibuka Ketua AFP Sumbar, Liga Futsal Nusantara 2018 Resmi Bergulir, 8 – 14 September

Diikuti 13 tim peserta

arenasumbar.com – Liga Futsal Nusantara (LFN) 2018 zona Sumbar resmi memainkan pertandingannya di hari pertama, Sabtu 8 September 2018 di lapangan futsal Rafhely By Pass kilometer 11, Kota Padang.

Kompetisi resmi jenjang menuju Liga Profesional Indonesia 2019 itu resmi dibuka oleh Ketua AFP (Asosiasi Futsal Provinsi) Sumbar H. Yasman Yanusar dengan jumlah tim peserta sebanyak 13 klub amatir.

Dalam sambutan pembukaan LFN tersebut, H. Yasman Yanusar berpesan kepada seluruh tim kontestan menampilkan permainan terbaik masing-masing dan kompetitif guna mencari satu wakil Sumbar ke Babak Nasional 34 Besar Grup A se-Sumatera.

Menurut Pak Haji, sapaan akrabnya, selain berebut juara zona Sumbar. LFN juga jadi ajang pemantauan dan pengamatan AFP Sumbar untuk pembentukan Tim Futsal Ranah Minang menghadapi Pra-PON.

“Futsal Sumbar ingin menjaga konsistensi di PON. Tahun 2012 kita mencatatkan sejarah pertama sebagai pemegang medali emas PON di Riau. Tahun 2016, lolos PON karena wild card selaku juara. Dan 2020 nanti di Papua kita mesti lolos kembali. Jangan sampai terputus. Makanya musim kompetisi LFN sekarang, AFP Sumbar fokus membentuk tim yang kuat dengan pemain kelahiran 1997,” ujar Pak Haji kepada arenasumbar.com, usai seremonial pembukaan LFN 2018.

Senada dengan Ketua Pelaksana, H. Syamsul Bahri yang meminta semua jajaran tim peserta sama-sama menjaga kelancaran pertandingan dan kesuksesan kompetisi. Kebersamaan seluruh pelaku futsal sangat diperlukan sekali dalam membangun kemajuan futsal Sumbar yang bermuara lahirnya prestasi terbaik di level nasional.

“Kita selalu berharap ada perwakilan Sumbar yang berlaga di Liga Profesional. Mari bersama-sama mewujudkan cita-cita ini. Kepada ofisial dan pelatih jadilah sitawa sidingin saat pertandingan berlangsung. Situasi pertandingan pasti panas antar sesama pemain. Kalau tidak panas mereka tidak akan berkeringat. Cuma kita yang diluar lapangan tetap dingin dan meredam jangan sampai terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan dan kelancaran pertandingan itu sendiri,” urainya.

LFN 2018 kali ini di sisi kuantitas peserta berkurang dibanding 2017. Karena itu, berdasarkan hasil undian pembagian grup dan technical meeting, Kamis malam (7/9), sebanyak 13 tim peserta tergabung dalam 3 grup.

Grup A dihuni 5 tim, Grup B dan C diisi masing-masing 4 tim. Nantinya juara dan runner-up ketiga grup plus satu tim peringkat tiga terbaik grup A dan satu tim peringkat terbaik antara grup B dan C berhak lolos ke fase knock out, 8 Besar.

“Sesuai rumus pertandingan yang sudah disusun. 13 tim peserta LFN 2018 terbagi kedalam 3 grup untuk babak penyisihan. Babak selanjutnya, masuk fase gugur, 8 Besar kemudian Semi Final dan Final,” terang Edo Wiradana salah seorang Pangawas Pertandingan.

Hasil Pembagian Grup :
GRUP A :
1. Satelite FC
2. Futsal Dharmasraya
3. Futsal Padang Pariaman
4. Futsal Kota Bukittinggi
5. Futsal Kota Payakumbuh
GRUP B :
1. Futsal IKASMA 2 PADANG
2. Adrenaline FC Padang
3. Futsal Kota Sawahlunto
4. Smansa Young Guns Padang
GRUP C :
1. Futsal Kota Pariaman
2. MHS FC Padang
3. PSR FC Padang
4. Luhak Nan Tuo

Jadwal Pertandingan
Berita Terkait