Arena Olahraga Sumatera Barat

Dibuka Ketua Asprov PSSI Sumbar, 70 Calon Wasit Nasional C.II Jalani Kursus di INS Kayu Tanam

Berasal dari Sumbar, Aceh, Sumut, Riau, Jambi lakoni kursus dari tanggal 1 - 9 September

arenasumbar.com – Ketua Asprov PSSI Sumbar membuka resmi kursus wasit nasional C.II yang digelar mulai Sabtu, 1 September hingga Minggu 9 September 2018 di INS Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar)

H. Indra Dt Rajo Lelo, SH, MM, Ketua Asprov PSSI Sumbar yang diwakili Sekretaris Umum Hendra Dupa, S.Pd dalam sambutannya berharap kepada 70 peserta untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan emas berupa kursus wasit seperti ini.

Hendra meminta calon wasit itu mampu menyerap semua materi yang disajikan instruktur supaya kedepannya menjadi pengadil pertandingan yang berintegritas tinggi.

Menurut Hendra, hal itu juga erat kaitannya terhadap progress masing-masing calon wasit nasional C.II dalam kelanjutan karir mereka yang tentu akan meningkat ke level lebih atas bahkan mungkin saja menembus lisensi FIFA.

“Kursus wasit merupakan salah satu implementasi tata kelola organisasi PSSI Pusat di bidang peningkatan sumber daya manusia khususnya perangkat pertandingan,” ujar Hendra Dupa selepas pembukaan kepada arenasumbar.com.

Kata Sambutan Hendra Dupa mewakili Indra Dt Rajo Lelo (Ketua Asprov PSSI Sumbar)

Karena itu, Hendra Dupa menjelaskan kursus wasit nasional C.II yang diselenggarakan Asprov PSSI Sumbar sejatinya adalah program pertama kepengurusan pimpin Ketua, Indra Dt Rajo Lelo yang telah dirancang. Dimana rencana awal pelaksanaannya pada bulan Juli namun terealisasi pada awal September sekarang.

“Kursus wasit nasional C.II ini sebenarnya adalah program pertama kepengurusan Asprov periode 2017-2021. Tapi karena di bulan Juli, PSSI Pusat ada pertimbangan lain, makanya pending. Lampu hijau pelaksanaannya terealisasi bulan September ini,” tuturnya.

“Kita berharap selesai kursus, seluruh yang akan menyandang sertifikat wasit nasional C.II ini nantinya punya sikap adil, jujur dan satria sebagai seorang pengadil pertandingan. Itu mutlak dimiliki mereka,” tutup Hendra.

Sementara Ketua Pelaksana, Yulius Dede menyampaikan peserta kursus berasal hampir dari seluruh provinsi di Sumatera. Ke-70 orang itu datang dari Provinsi Aceh, Sumut, Riau dan Jambi plus tuan rumah sendiri Sumbar.

“Antusias penyelenggaraan kursus wasit nasional C.II yang kita (Asprov PSSI Sumbar) adakan sangat luar biasa. Peminatnya tidak saja dari Sumbar. Separonya dari Aceh, Sumut, Riau dan Jambi,” kata Dede.

“Mudah-mudahan semuanya disiplin jalani kursus. Mampu menyerap seluruh materi dengan baik sebagai modal berharga ketika bertugas, berkualitas dalam memimpin pertandingan,” kata mantan wasit FIFA tersebut.

Panitia Pelaksana menerima registrasi peserta

Senada dengan Exco Bidang Perwasitan Asprov PSSI Sumbar H. Erwin Sofyan yang menegaskan wasit sangat menentukan kualitas sebuah pertandingan sepakbola. Sebab itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni bagi seorang wasit agar sukses dalam mengadili pertandingan itu sendiri.

“Dalam kursus inilah mereka lebih dulu menempa diri, belajar tentang law of the game, role of the game. Selain pengetahuan itu, syarat kecakapan fisik juga poin penting bagi kesuksesan seorang wasit. Semua harus komplit,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Askab PSSI Padang Pariaman, Kompol. Maymuspi, SE, MM menyambut baik pelaksanaan kursus yang diadakan di kawasan INS Kayu Tanam nan notabene berada di lingkungan Askab Padang Pariaman.

“Terima kasih atas kepercayaan Asprov yang memilih Padang Pariaman selaku tempat kursus. Tempat ini (INS Kayu Tanam) representatif sekali bagi sebuah kursus. Suasananya nyaman, jauh dari kebisingan, Semua peserta bisa fokus dan konsentrasi menjalani kursus disini,” ujarnya.

Maymuspi meminta ke-70 peserta sungguh-sungguh agar mereka setelah kursus punya mental, intelegensia dan keputusan kuat ketika sudah menjadi seorang pengadil pertandingan.

“Belajar, mengamati dan memahami selama mengikuti kursus. Itu berguna nantinya dalam mengadili pertandingan dengan baik,” tutup Maymuspi.

Komentar

Komentar

Berita Terkait