Arena Olahraga Sumatera Barat

“Dikerjai” Cilegon United (1-0), Semen Padang FC Siap Balas di Laga Perdana Putaran Kedua

Tutup Putaran Pertama di Cilegon, Semen Padang FC balik jamu lawan di H. Agus Salim

arenasumbar.com – Semen Padang FC yang menutup laga putaran pertama Liga 2 Indonesia 2018 ke kandang Cilegon United harus pasrah dikerjai tuan rumah engan skor akhir (1-0), pada laga pekan ke-10 di Stadion Karakatau Steel, Cilegon, Minggu (29/7).

Gol semata wayang yang bersarang di gawang Rendy Oscario Sroyer, penjaga gawang Semen Padang FC di dapatkan tuan rumah via sepakan penalti Abdul Azis pada menit 67′ babak kedua.

Sepanjang pertandingan waktu normal, sejatinya Semen Padang FC bukannya tanpa peluang, di awal-awal babak pertama sejumlah peluang emas nyaris menjebol gawang Cilegon United FC yang dijaga Ali Barkah.

Menit 7′, sepakan M. Gugum Gumelar di area kota penalti melenceng di sisi kiri gawang. Free Kick Rudi di menit 15 masih cekatan diamankan kiper Cilegon United. Pada menit 20′ tembakan keras Gugum yang melewati jangkauan kiper membentur bek lawan yang berdiri tepat di garis gawang.

Pada babak kedua, Irsyad Maulana dan kawan-kawan tancap gas menekan pertahanan Cilegon United. Namun kali ini berbeda dengan babak pertama yang selalu bisa melahirkan peluang. Hanya saja pada babak kedua serangan Semen Padang FC kerap buntu oleh ulah asisten wasit yang royal memperangkap penyerang-penyerang Semen Padang FC dengan off-side.

Seringnya asisten wasit memberikan off side terhadap agresi Semen Padang FC menyebabkan timbulnya reaksi keras dari kubu tim tamu. Tak pelak mental pemain tim berjulukan Kabau SIrah down dan berfek positif bagi skuad Cilegon United yang diasuh Imam Riyadi.

Puncaknya di menit 67′, wasit menghadiahi Cilegon United sepakan penalti. Abdul Azis yang menjadi algojo mampu menipu pergerakan Rendy Oscario untuk merubah skor (1-0) bagi Cilegon. Skor tipis ini bertahan hingga wasit Muhammad Irham meniup pluit akhir pertandingan untuk kemenagan Cilegon United.

Selepas laga, Syafrianto Rusli, pelatih kepala Semen Padang FC menanggapi kekalahan anak asuhnya dengan mengomentari kepemimpinan wasit yang sering merugikan anak asuhnya sepanjang laga.

“Selamat buat Cilegon bisa menangkan pertandingan ini, sebetulnya pertandingan ini menarik, kedua tim sama-sama punya peluang, tetapi itulah sepakbola, siapa yang tau, yang penting saya berdoa saja supaya sepakbola Indonesia bisa lebih baik,” katanya di sesi jumpa pers setelah pertandingan.

Terkait performa anak asuhnya yang dikatakan sejumlah wartawan lokal Cilegon tidak maksimal, Syafrianto sontak mengatakan kerja keras pemain-pemainnya terhambat keputusan-keptusan aneh wasit yang menggagalkan peluang-peluang Semen Padang FC.

“Harusnya wartawan bisa menilai sendiri bagaimana pertandingan tadi, kita sama-sama melihat, bagaimana kami bisa mencetak gol,” tegasnya.

Hal itu turut ditegaskan Manda Cingi, gelandang bertahan Semen Padang FC yang mengungkapkan mental bermain rekan-rekannya ada yang down, kehilangan fokus bermain ulah keputusan-keputusan awsit yang merugikan timnya.

“Kami sudah kerja keras, tetapi Keputusan wasit banyak merugikan kami, seharusnya tidak offside, malah offside,” katanya.

Manda berharap kedepannya sebagai pengadil di lapangan harusnya wasit pemimpin pertandingan mampu memilih mana keputusan yang sebenar-benarnya keputusan.

“Saya berharap semoga wasit di Indonesia ini bisa lebih baik lagi, jangan sampai ada lagi tim yang dirugikan oleh keputusan-keputusan yang tidak semestinya menjadi keputusan,” tuturnya.

Syafrianto dan Manda Cingi di sesi juma pers/MO SPFC

Terpisah, CEO Semen Padang FC, Rinold Thamrin mengatakan kepada seluruh pemain agar tidak memikirkan laga sore ini. Banyaknya keputusan kontroversial membuat orang no 1 di Semen Padang FC ini juga geram.

“Kita lupakan pertandingan ini, kita balas dengan sportif di Padang, 4 Agustus nanti. Sebagai apresiasi saya juga akan berikan bonus pribadi kepada kalian,” ujarnya.

Dengan hasil kekalahan di kandang lawan, Semen Padang FC tercatat menuai hasil kurang memuaskan pada tiga laga terakhir putaran pertama, kalah (0-1) dari Cilegon United, imbang (1-1) dengan PSPS Riau dan juga kalah (0-1) kontra tuan rumah Perserang Serang. Hal ini jadi ancaman terhadap posisi puncak klasemen dengan poin 21 dari kejaran Persis Solo.

Daftar Susunan Pemain :
Cilegon United : Ali Barkah (PG); Abdul Aziz, Muhammad Diksi Hendika, Rojali; Akbar Tanjung, Andi Sopian, Hari Habrian, Idris Afandi (c), Johan Juansyah (58′ Susanto), Kevin Ivander (36′ Nanang Asripin); Ade Ivan Hafilah (4′ Ervin Rianto Butar-Butar)

Semen Padang FC : Rebdy Oscario (PG);Ibrahim Sanjaya, AA. Ngurah Wahyu Trsinajaya, Syaeful Anwar, Apriogi; Manda Cingi (79′ Ronaldo Eko), Rosad Setiawan (22′ Novrianto), Rudi; Elthon Maran (70′ Mardiono), Irsyad Maulana, M. Gugum Gumelar.

Komentar

Komentar

Berita Terkait