Arena Olahraga Sumatera Barat

Ditinggal Pemain Senior, PPLP Sumbar Siap Ladeni Solok FC di Final Atlantic Cup II Dharmasraya

Tamat dari PPLP Sumbar, pemain senior berlabuh ke klub-klub Liga 1 dan Liga 2 2018

arenasumbar.com – Tim sepakbola PPLP Sumbar bakal bertemu Solok FC pada partai pamungkas hajatan turnamen sepakbola Atlantic Cup II, Minggu (13/5) pekan depan di lapangan Sedasi, Sungai Kambuik, Dharmasraya.

Tim yang diarsiteki Dedi Umar Putra bersama asisten pelatih Dodi Hirwan dan pelatih kiper Depta itu menggapai final setelah mengalahkan Jordus FC Sungayang, 3-0, pada semi final pertama, Sabtu (5/5) di lapangan yang sama.

Hetrik yang dilesatkan Eki Saputra ke jala penjaga gawang Jordus FC menuntaskan jalannya pertandingan untuk kemenangan PPLP Sumbar.

Sebelum menyingkirkan Jordus FC, skuad PPLP Sumbar lebih dulu menghentikan langkah Pariaman FC dan PS Bungo Jambi di fase 8 Besar dan 16 Besar.

Dengan begitu, tiga kemenangan tersebut mengantarkan PPLP Sumbar menghadapi Solok FC di final mendatang.

“Di turnamen ini, anak-anak dapat hasil yang bagus lolos ke final. PPLP juga dapat pengalaman melawan klub-klub yang dihuni pemain diatas usia mereka. Ini sangat baik untuk mengasah kemampuan tim, melihat sejauh mana anak-anak mampu menyerap materi program latihan yang diberikan,” ujar pelatih kepala PPLP Sumbar Dedi Umar kepada arenasumbar.com, Senin siang (7/5).

Menantang tim yang akan bertarung di kompetisi Liga 3 2018 zona Sumbar, kick-off 30 Juni 2018. Dedi mengaku senang bisa bertemu tim Solok FC.

Skuad PPLP Sumbar yang dimotori Fadillah Nur Rahman, bek tengah Timnas U-16 siap tempur berjibaku dengan deretan senior, mantan siswa binaan yang sekarang memperkuat Solok FC, yaitu Febriansyah Ramadhan, Sahrul Akmal, Yohandes Saputra dan Muhammad Ferdian Yusril.

Menurut Dedi, semakin banyak bermain lawan tim yang lebih senior dan punya pemain-pemain yang lebih berpengalaman secara usia serupa materi Solok FC pasti menambah jam terbang PPLP Sumbar jelang mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) antar PPLP se-Indonesia 2018.

“PPLP Sumbar tahun ini akan mengikuti kejuaraan antar pelajar se-Indonesia dan Pekan Olah Raga Pelajar Wilayah (POPWIL) Sumatera. Dua kejuaraan itu menjadi kewajiban tahunan untuk diikuti. Makanya jajaran pelatih mempersiapkan tim semaksimal mungkin. Salah satu usaha mematangkan anak-anak ikut turnamen-turnamen sepakbola seperti Atlantic Cup ini,” beber pelatih berlisensi B AFC tersebut.

Seperti diketahui, PPLP Sumbar merupakan tim sepakbola pembinaan usia muda dibawah naungan Dispora Sumbar (Kemenpora RI). Dihuni pemain berusia 16 tahun – 18 tahun serta berstatus pelajar, mereka ditempa selama jadi siswa binaan sebagai persiapan meniti karir sepakbola yang lebih baik lagi selepas menamatkan sekolahnya.

Untuk 2018, PPLP Sumbar tidak lagi dihuni siswa kelas 3 karena sudah menamatkan studi. Serupa gelandang Tim Nasional U-19 Indonesia Muhammad Iqbal. Tapi masih menyisakan satu bek tengah Timnas U-16, Fadillah Nur Rahman , siswa kelas 1.

“Siswa kelas 3 sudah tamat semuanya termasuk Iqbal. Sekarang kita butuh 12 siswa baru melengkapi pemain yang tersisa, masih duduk di kelas 1 dan 2. Kita lakukan seleksi berjalan untuk mencarinya,” jelasnya.

“Alhamdulillah, siswa binaan yang tamat ada yang langsung dapat tempat di klub Liga Indonesia. Iqbal selain masih bersama Timnas U-19 juga masuk skuad Persika Karawang di Liga 2. Lainnya M. Azri, Demo Samudra, Aga Fari gabung dengan Bhayangkara FC U-19 untuk Liga 1 U-19 2018,” tutup Dedi yang diamini asisten pelatih Dodi “Leo” Hirwan.

Daftar Pemain PPLP Sumbar 2018 :

Komentar

Komentar

Berita Terkait