Arena Olahraga Sumatera Barat

Elthon Maran Datang, Irsyad Maulana Menyingkir Dari Winger

Irsyad Maulana digeser ke pos Striker

PADANG – Kedatangan seorang pemain senior ke kubu Semen Padang FC imbas respon kepastian regulasi Liga 2 Indonesia 2018 tampaknya bakal menyingkirkan Irsyad Maulana dari pos yang melambungkan namanya di pentas sepakbola nasional.

Itu terlihat kala rekrutan anyar Semen Padang FC, Elthon Maran, eks PSMS Medan yang sudah berlatih dengan rekan-rekan barunya, memperkaya pilihan pelatih kepala Semen Padang FC Syafrianto Rusli di sisi penyerang sayap.

Pada sesi latihan taktikal dan strategi yang kini difokuskan Syafrianto Rusli, Elthon menggusur Irsyad Maulana nan semula merupakan tumpuan sayap kiri serangan Semen Padang FC.

Agaknya, Irsyad bakal bukan pilihan utama winger kiri lagi. Karena pemilik nomor punggung 88 ini lebih sering didorong lebih ke depan menjadi striker utama dalam tiap sesi latihan di lapangan markas tim klub milik perusahaan industri semen tertua nasional dan di Asia Tenggara, PT. Semen Padang, blok L-75, Indarung.

“Ya, kita sengaja eksplorasi kemampuan setiap pemain agar bisa mahir bermain pada dua posisi berbeda. Masuknya Elthon, Irsyad kita coba geser jadi second striker atau didorong ke depan sebagai striker utama,” kata Syafrianto Rusli, sehabis latihan Rabu pagi (17/1).

Sejatinya, Irsyad memang pernah memainkan peran selaku ujung tombak ketika menimba ilmu di tim sepakbola Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumbar 2005-2009 dan di Semen Padang FC U-21 2009-2011. Kemudian pemain putra daerah Ranah Minang ini berkembang menjadi winger berbahaya di Arema Malang.

“Bukan saja Irsyad, Ibrahim Sanjaya yang selama ini bek sayap. Bahkan mobilitasnya tinggi sewaktu ditempatkan jadi gelandang serang. Kita pernah coba duet nya sama Fridolin di Piala Walikota Padang lalu. Cukup bagus,” sambungnya.

“Bermacam variasi komposisi pemain sengaja kita coba sebelum benar-benar dapat starter dan line-up yang fix untuk kompetisi nanti. Tujuannya jika ada situasi cedera atau akumulasi kartu sepanjang Liga 2 itu, kita tidak kesulitan melakukan perubahan line-up,” jelas pelatih pembawa medali emas tim Futsal Sumbar di PON 2012 Riau itu.

Diplotnya Irsyad untuk mencoba pos baru sebagai second striker maupun striker utama, tidak terlepas belum ditemukannya pemain anyar senior bertipikal targetman, kuat pegang bola.

“Ya, kebutuhan utama sekarang striker murni. Ini masih kita cari. Berbeda dengan pemain tengah. Masuknya Elthon Maran, Abdul Rahman Lestaluhu, Manda Cingi, lini tengah kita saya rasa sudah komplit. Sebelumnya sudah ada ada yang lama Irsyad, Rudi, Frido, Finno dan Mardiono. Ditambah eks. tim junior Semen Padang, Rosad dan Ronaldo Eko,” terangnya.

Sejauh ini, Semen Padang baru sukses mendatangkan Manda dan Elthon serta memberikan rekomendasi lolos seleksi untuk Ardi Idrus dan Abdul Rahman Lestaluhu.

Sementara Aldino Herdianto, penyerang tengah Mitra Kukar FC yang digadang-gadangkan telah deal masih menyelesaikan sisa kontraknya hingga Februari 2018.

Komentar

Komentar

Berita Terkait