Eva Desiana Atlet Asal Pariaman Siap Harumkan Nama Indonesia di SEA Games 2019

 Jakarta – Atlet Asal Pariaman Eva Desiana siap dan optimis dapat mengukir prestasi bagi Indonesia dalam ajang olahraga terbesar se Asia Tenggara, SEA Games 2019.

Eva Desiana merupakan salah satu dari empat atlet Timnas Triathlon Indonesia.

Selain Eva, cabang olah raga ini akan dikawal oleh tiga atlet berbakat lainnya: Jauhari Johan (32), M.Ahlul Firman (21), dan Nethavani Octarina (18). Ini akan menjadi kali pertama, timnas Triathlon Indonesia mengikuti kejuaraan kualifikasi Olimpiade 2024 di luar negeri, setelah tahun lalu berlaga di ASIAN Games 2018.

Sebagai salah satu cabang olahraga yang akan diperhitungkan di masa depan, manager dari timnas Triathlon, Akbar Nasution meyakini bahwa tim akan membawa pulang 5 medali dari SEA Games, baik untuk triathlon maupun duathlon.

“Berdasarkan data yang ada, untuk Duathlon Jauhari Johan akan berpeluang meraih medali emas dan Eva Desiana memiliki peluang untuk medali perak. Di Triathlon, Ahlul Firman dan Nethavani masing-masing berpotensi meraih medali perak, dan untuk mixed relay kita harapkan bisa mendapat medali perak.” kata Akbar ditemui saat Latihan Gabungan di Rocca Space, Senayan, Minggu 24 November 2019

Eva Desiana, membuktikan bahwa perempuan bisa berprestasi di cabang olahraga Triathlon.

“Tanpa memandang stereotype, kami para atlet harus bisa fokus, disiplin dan gigih berlatih. Dukungan dari masyarakat dan teman-teman komunitas Triathlon juga menambah semangat kami mengukir prestasi.” katanya.

Awal mula Eva mengenal cabang olahraga ini adalah dari keikutsertaannya di Pariaman International Triathlon 2015 untuk nomor Duathlon, dimana ia berhasil meraih posisi pertama.

“Sejak itu saya menjadi jatuh cinta dengan olahraga ini dan mengikuti kompetisi lainnya di tahun-tahun berikutnya. Di SEA Games kali ini saya akan memberikan yang terbaik, karena saya akan membawa nama Indonesia dan khususnya Sumatera Barat.” tambahnya.

Akbar juga mengatakan bahwa Olimpiade 2024 adalah target utama dari timnas triathlon dan saat ini tim tengah berupaya mengumpulkan poin.

“Kami optimis bahwa dengan terjunnya Ahlul dan Nethavani di ajang ini akan menjadi langkah awal yang baik untuk persiapan Indonesia di Olimpiade 2024, karena hasil maksimal di pesta olahraga Asia Tenggara ini bisa menambah poin individu para atlet untuk lolos ke Paris.”

Timnas triathlon telah berangkat ke Manila, Filipina pada Senin 25 November 2019.

Keberangkatan timnas triathlon yang satu minggu lebih awal dari jadwal pertandingan menambah rasa optimisme mereka. Sebelumnya, Akbar telah membuat formula latihan khusus untuk meningkatkan kemampuan atlet, mereka telah melakukan latihan khusus di Pelatnas Bandung dan Camp Jasalindo Malang untuk SEA Games ini.

“Persiapan kami sudah oke, yang utama adalah menyiapkan mental.” kata Jauhari Johan, ditemui di saat yang sama.

Atlet asal Sumatera Selatan yang telah terjun dalam kejuaraan lari dan triathlon selama 12 tahun ini dipercaya bisa membawa pulang medali emas. Ahlul Firman yang sebelumnya menjadi satu-satunya atlet yang diturunkan dalam nomor triathlon putra Asian Games 2018 optimis hasil SEA Games akan lebih baik.

“Kali ini persiapan saya lebih matang. Sejak berlaga di tahun lalu, saya memang sudah menargetkan akan bawa pulang medali di SEA Games 2019” ujarnya.

Nethavani, atlet triathlon termuda yang berangkat ke Manila optimis bisa mencetak poin maksimal untuk persiapannya di Olimpiade 2024. “Walau fokus ke Olimpiade 2024, saya tetap optimis bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia di SEA Games.” Nethavani dengan prestasinya hingga saat ini, digadang termasuk dalam lima besar atlet triathlon dunia untuk kelompok usia yang sama.

Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia, Mayor Jenderal TNI Joko Warsito mengungkapkan dengan manajemen baru Federasi Triathlon Indonesia, kita akan sinergikan semua elemen komunitas, pembina, atlet, dan organisasi demi tujuan jangka panjang Triathlon Indonesia menuju Olimpiade 2024.

“Cabang olahraga ini memang terbilang masih sangat baru di Indonesia dan harapannya semakin banyak orang yang menaruh minat, semakin banyak pula dukungan yang bisa diberikan para atlet yang berjuang untuk bangsa dan negara,” katanya.

SEA Games 2019 dijadwalkan berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember, sedangkan untuk cabang olahraga Triathlon akan digelar pada 1 hingga 4 Desember 2019. Kontingen Indonesia akan memberangkatkan sekitar 773 atlet. Dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan, Indonesia akan mengikuti 49 cabang olahraga.

Berita Terkait