• Sun. Nov 27th, 2022

Arenasumbar.com

Arena Olahraga Sumatera Barat

Indonesia mengatakan kematian anak akibat cedera ginjal akut meningkat menjadi 133

Byselasa

Oct 22, 2022

Larangan semua resep dan penjualan sirup dan obat cair akan dipersempit menjadi 102 produk yang sedang diselidiki.

Jumlah anak-anak di Indonesia yang meninggal karena cedera ginjal akut (AKI) yang terkait dengan zat berbahaya dalam sirup obat telah meningkat menjadi 133 dari 99 kematian yang dilaporkan sebelumnya, kata menteri kesehatan negara itu.

Otoritas kesehatan Indonesia mengatakan minggu ini mereka sedang menyelidiki peningkatan yang tidak dapat dijelaskan sejak Januari dalam jumlah kematian anak-anak akibat AKI dan untuk sementara waktu melarang penjualan dan resep semua obat berbasis sirup.

Larangan itu menyusul penemuan bahwa beberapa sirup obat yang tersedia di Indonesia ditemukan mengandung etilen glikol dan dietilen glikol, bahan-bahan yang telah dikaitkan dengan kematian anak akibat AKI di Gambia.

“Kami telah mengidentifikasi 241 kasus cedera ginjal akut di 22 provinsi, dengan 133 kematian,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers pada hari Jumat, mencatat sebagian besar pasien adalah anak-anak di bawah usia lima tahun.

“Tujuh dari 11 anak memiliki zat berbahaya itu: etilen glikol, dietilen glikol, dan etilen glikol butil eter,” kata menteri itu. ” Dipastikan bahwa (AKI) disebabkan oleh zat-zat (itu).”

Badan makanan dan obat-obatan negara itu telah menamai lima produk buatan lokal yang mengandung kadar etilen glikol yang berlebihan dan telah memerintahkan produsen untuk menariknya keluar dari peredaran dan menghancurkan semua batch yang tersisa.

Otoritas kesehatan juga telah menemukan jejak zat serupa dalam 102 obat sirup di rumah anak-anak yang terkena dampak, kata menteri itu, dan larangan yang diumumkan pada hari Rabu pada semua resep sirup dan obat cair dan penjualan akan dipersempit menjadi 102 produk tersebut.

Menteri juga mengatakan beberapa pasien AKI telah membaik setelah otoritas kesehatan menguji penangkal yang diimpor dari Singapura, menambahkan lebih banyak zat akan dibeli untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Sebelum lonjakan kematian anak baru-baru ini, kementerian kesehatan negara itu biasanya melihat dua hingga lima kasus AKI sebulan.

Meningkatnya kematian AKI masa kanak-kanak di Indonesia terjadi ketika pemerintah Gambia menyelidiki kematian 70 anak dari AKI terkait dengan sirup parasetamol yang digunakan untuk mengobati demam, yang mengandung kadar dietilen glikol dan etilen glikol yang berlebihan, dalam skandal yang terkait dengan empat sirup obat batuk buatan India.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bulan ini bahwa mereka menemukan “jumlah yang tidak dapat diterima” dari dietilen glikol dan etilen glikol dalam empat sirup obat batuk buatan India yang dikaitkan dengan kematian di Gambia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *