Jawara Liga Muda U-11 Tahun FOPSSI Sumbar, SSB Lansek Manih Sijunjung Lanjut ke Putaran Nasional

Putaran Nasional antar Juara se-Indonesia di Bandung, 14 September 2018

arenasumbar.com – SSB Lansek Manih Sijunjung menasbihkan diri menjadi jawara hajatan Liga Muda U-11 tahun FOPSSI Sumbar usai mengalahkan tim tetangga SSB PSKS Kota Sawahlunto dengan adu penalti (2-1) di partai final yang berakhir di Stadion H. Agus Salim, Padang, Senin sore (20/8).

Dengan begitu anak asuh pelatih Hijra Saputra, SPd ini juga berhak mewakili FOPSSI Sumbar ke babak nasional yang digelar mulai Jum’at, 14 September mendatang di Kota Bandung.

Bukan hanya SSB Lansek Manih, runner-up SSB PSKS Sawahlunto turut lolos ke level nasional karena FOPSSI Sumbar mendapatkan dua jatah tim pemenang antar juara seluruh Provinsi di Indonesia.

“Kami bersyukur dengan kesuksesan yang diraih anak-anak pada ajang Liga Muda U-11 tahun FOPSSI Sumbar ini. Terima kasih atas perjuangan luar biasa mereka. Itu tidak terlepas dari dukungan besar seluruh orang tua pemain, pelatih-pelatih SSB se-Kabupaten Sijunjung, Askab Sijunjung, KONI Sijunjung dan Pemerintah Sijunjung. Kita melangkah ke level nasional,” ujar Hijra Saputra kepada arenasumbar.com jelang penyerahan piala dan penutupan turnamen yang diikuti 54 SSB di Sumatera Barat itu, 19-20 Agustus 2018.

Hijra menyebutkan kerja keras yang anak-anak SSB Lansek Manih tidak terlepas dari latihan rutin yang dilakukan selama ini. Untuk itu, menghadapi putaran nasional nanti, mereka akan meningkatkan sesi latihan rutin agar bisa berbicara lebih untuk prestasi dan kebanggaan Sumatera Barat umunya dan Sijunjung khususnya.

“SSB Lansek Manih ini adalah kumpulan pemain yang kita ambil dari hasil pembinaan sepakbola usia muda yang rutin kami gelar di Sijunjung. Setiap 15 hari, SSB-SSB di Sijunjung rutin menggelar festival. Dari sana kami pantau pemain-pemain terbaik dan jadikan satu SSB lansek manih selaku wakil Sijunjung,” terangnya.

Terkait dana untuk mengikuti level nasional, manajemen tim SSB Lansek Manih akan mencari donatur agar fokus dan konsentrasi pemain hanya tercurah ke pertandingan saja.

“Kita akan koordinasi dengan seluruh pihak. Biasanya Pemerintah Kabupaten Sijunjung, KONI, Askab dan pihak-pihak yang peduli dengan pembinaan sepakbola daerah kami akan membantu. Insya Allah,” ujarnya.

Sementara pada seremonial penutupan Ketua FOPSSI Sumbar, Zufrinaldi berharap SSB Lansek Manih dan SSB PSKS Sawahlunto bisa membawa nama baik Sumatera Barat, berprestasi membanggakan pembinaan sepakbola Ranah Minang.

“Selamat kepada SSB Lansek manih dan PSKS Sawahlunto yang keluar sebagai wakil FOPSSI Sumbar ke tingkat nasional. Berlatih lagi persiapkan tim semaksimal mungkin agar bisa berprestasi lebih baik lagi di Bandung nanti,” ujarnya.

Kapten tim SSB Lansek Manih menerima Piala Juara 1 dari Hendra Dupa, Sekum Asprov

Sedangkan Sekretaris Umum Asprov PSSI Sumbar, Hendra Dupa yang menutup helatan Liga Muda U-11 tahun FOPSSI Sumbar berharap wadah-wadah turnamen sepakbola usia dini dan muda semakin banyak digelar sebagai menambah jam terbang kepada bakat-bakat muda, calon pesepakbola masa depan Sumatera Barat.

“Saya apresiasi gelaran turnamen sepakbola usia 11 tahun yang diselenggarakan FOPSSI Sumbar. Turnamen- turnamen serupa ini akan mendukung program pembinaan sepakbola usia muda PSSI dalam melahirkan sebanyak-banyak mungki talenta dan bakat-bakat baru yang akan jadi bibit-bibit pesepakbola masa depan. Ini juga sebagai permulaan bagi SSB-SSB sebelum mengikuti kompetisi resmi PSSI, Piala Soeratin U-13 tahun mauopun U-15 tahun yang jadi kalender resmi,” jelasnya.

Hasil lengkap Liga Muda U-11 tahun FOPSSI Sumbar 2018 :
Juara 1 : SSB Lansek Manih Sijunjung
Juara 2 : SSB PSKS Sawahlunto
Juara 3 : SSB Bina Muda Payakumbuh.
Tim Fair Play : SSB PSTS Tabing Padang

Berita Terkait