Arena Olahraga Sumatera Barat

Jordus Cup XVI-2018 : Kalahkan Persiju Sijunjung, 1-5, Jordus FC Tantang GAS Sawahlunto di Semi Final

Tertinggal 0-1 dibabak pertama, babak kedua Jordus FC merajelala gelontorkan 5 gol

arenasumbar.com – Tertinggal duluan 0-1 di babak pertama, tuan rumah Jordus FC akhirnya lepas dari kebuntuan pada babak kedua dengan berbalik menang besar 5-1 atas Persiju Sijunjung dalam laga kedua turnamen sepakbola Jordus Cup XVI-2018 di lapangan sepakbola Pulai, Sungayang, Senin sore (18/6).

Babak pertama sejatinya skuad Jordus FC menguasai permainan sejak menit-menit awal. Tekanan langsung diberikan ke jantung pertahanan Persiju Sijunjung sampai dua puluh mneit berjalan, peluang berbahaya mutlak dipunyai barisan penyerang Jordus FC.

Tetapi, lemahnya penyelesaian akhir mementahkan peluang yang dimiliki bergantian oleh Derry Syahputra, Eba Pangestu dan Dadang.

Sebaliknya Persiju mengandalkan serangan balik. Menit 24′, upaya itu sukses membungkam publik tuan rumah. Berawal dari sodoran dari pemain belakang Persiju ke sisi kiri pertahanan tuan rumah, kerjasama pemain bersaudara kembar, Yandi dan Yanda memperdayai penjaga gawang Jordus FC, Aldi Nata.

Menerima umpan dari Yandi yang baru masukan gantikan Rafika, Yandi dengan akurat melepaskan umpan yang disambut sepakan keras Yanda melewati jangkauan Aldi. Skor 0-1 untuk keunggulan Persiju.

Skuad Jordus FC tersentak, Leo Fadilla cs berusaha cepat membalas. Tapi kembali buntu akibat tidak akuratnya penyelesaian akhir. Jeda laga skor 0-1 bertahan.

Usai turun minum laga berlanjut di babak kedua. Jordus FC berniat segera membalas ketinggalan. Permainan agresif langsung diperagakan.

Peluang muncul, kombinasi segi tiga yang dilakukan Derry, Egit dan Rahmat Wahyu berakhir dengan umpan terobosan yang sempurna diselesaikan Rahmat Wahyu di menit 48′. Kedudukan 1-1.

Lepas dari kesialan, motivasi Eba dan kawan-kawan berlipat ganda menambah gol. Persiju tertekan dari semua lini. Nyaman menguasai permainan. Peluang demi peluang Jordus FC berkali-kali lahir kembali diarea berbahaya

Menit 55′, Rahmat Wahyu brace gol, umpan silang Deri disambut heading sambil terbang menghujam pojok kanan gawang Persiju. Jordus FC berbalik unggul 2-1.

Tertinggal, permainan Persiju drop. Menit 62′, Leo Fadilla melepaskan tembakan jarak jauh untuk perbesar skor 3-1.

Tak lama berselang, akselerasi Samik menusuk ke kotak penalti berakibat pemain belakang Persiju melakukan pelanggaran. Tanpa ampun wasit menunjuk titik putih, penalti. Eksekutor Jordus FC, Eba Pangestu menunaikan tugas dengan sempurna. Kedudukan 4-1 Jordus FC menjauhkan margin gol dari kejaran Persiju.

Menit 78′ Jordus FC makin superior. Sepakan keras jarak jauh pemain yang baru masuk, Davit Ariski meluncur deras tidak mampu dihadang kiper Persiju. Skor 5-1 pun menutup jalannya laga untuk kemenangan Jordus FC.

“Di turnamen ini, kami menurunkan pemain muda yang akan tampil di Piala Soeratin U-17 2018 jadi hasil ini pengalaman berharga bagi mereka serupa Yanda, Yandi dan Sajid Mubarak, tiga pemain U-17 Persiju,” ujar Masyuli Effendi, Sekretaris Tim Persiju yang mendampingi pelatih Heru Panca Putra kepada arenasumbar.com.

Sementara Wendra Delfira, pelatih Jordus FC mengomentari permainan anak asuhnya tidak berkembang dan tidak tenang serta banyak menyia-nyiakan peluang emas. Tapi dirinya mengapresiasi kerja keras skuad Jordus FC pada babak kedua yang sukses memperbaiki kinerja tim terutama sisi finishing.

“Pertandingan perdana memang biasanya berat. Apalagi bermain dihadapan pendukung sendiri. Seperti babak pertama tadi, beban mental pemain terlihat dalam melakukan penyelesaian akhir di depan gawang lawan. Tapi, saat istirahat mereka bertekad bermain lebih sabar, rapi dan memperbaiki finishing. Alhamdulillah, usaha mereka berhasil menciptakan lima gol untuk berbalik menang,” ujarnya.

Dengan demikian Jordus FC akan bertemu juara bertahan GAS Sawahlunto pada babak semifinal yang digelar Kamis (22/6). Duel ini serupa partai ulangan bagi kedua tim yang tahun lalu bertemu di final, dimana tuan rumah takluk dari GAS.

“Melawan GAS, mudah-mudahan tim bisa main lepas. Kita bertekad ke final dan membalas kekalahan final tahun lalu sebagai kado untuk perantau yang sedang pulang kampung merayakan Hari Raya Idul Fitri,” tutup Wendra.

Jadwal dan Hasil Pertandingan Jordus Cup XVI-2018 :

17/6 : (A) GAS Sawahlunto 3-1 Persepak Payakumbuh
18/6 : (B) Jordus FC 5-1 Persiju Sijunjung
19/6 : (C) Bungo FC vs Limkos FC Padang
20/6 : (D) Persih FC vs Gasliko
21/6 : Semifinal 1 : GAS Sawahlunto vs Jordus FC
22/6 : Semifinal 2 : (pemenang C) vs (pemenang D)
23/6 : Rest
24/6 : FINAL

 

Komentar

Komentar

Berita Terkait