Arena Olahraga Sumatera Barat

Kupas Tuntas Maskot dan Logo PORPROV XV 2018 Sumbar di Padang Pariaman

PORPROV XV Sumbar di Padang Pariaman, November 2018

PADANG – Maskot dan Logo PORPROV (Pekan Olahraga Provinsi) ke XV 2018 Sumbar telah resmi diluncurkan dan diperkenalkan ke publik, Senin sore (29/1).

Keduanya didapuk sebagai ikon itu helatan multi event olahraga Ranah Minang yang akan berlangsung di Padang Pariaman, November 2018 mendatang.

Untuk lebih mengenal latar belakang terpilihnya kedua ikon tersebut, KONI Sumbar mengeksposnya di laman website resmi mereka.

Keduanya terpilih melalui sayembara yang telah diadakan panitia sejak 28 November 2017 lalu. Si Maskot PORPROV bernama Si Kambia yang berasal dari kata-kata Karambia alias Kelapa. Sedangkan logo PORPROV berbentuk persegi empat hitam dengan gambar depan orang berlari.

Maskot bernama Si Kambia ini adalah karya dari Suryadi, putra asli Pariaman yang lebih dikenal dengan nama Inggie Jambak dan selama ini juga dikenal sebagai pembuat komik Carito Kabau Sirah di beberapa grup facebook dan media sosial lainnya. Sedang logo PORPROV diciptakan oleh Khairosby Rahmat. Untuk hadiah bagi pencipta kedua ikon penting PORPROV XV ini, panitia telah memberikan hadiah sebesar Rp.6.500.000,- kepada masing-masingnya.

Nama Si Kambia diambil dari buah kelapa yang hijau berseri, yang merupakan salah satu tumbuhan serbaguna yang tumbuh di tanah subur Padang Pariaman. Dominasi warna yang ada pada Si Kambia diambil dari warna logo Kabupaten Padang Pariaman yaitu: Hijau, Hitam, Kuning, Biru dan Merah.

Sosok Si Kambia juga digambarkan sebagai sosok yang kuat, layaknya kesatria atau seorang pelindung yang adil dan bijaksana. Di sisi lain Si Kambia dikenal juga memiliki sifat ramah, ceria, suka menolong dan bersahabat.

Kreator Maskot dan Logo/foto facebook

Sedang arti dari logo PORPROV dapat dijelaskan dari beberapa gambar yang ada di dalamnya. Seperti gambar kotak persegi yang menjadi latar belakang gambar dilambangkan sebagai keeleganan kegiatan POR-Prov di bumi Padang Pariaman. Lalu obor di tangan si atlet melambangkan semangat dari para atlet yang berkobar-kobar.

Gonjong rumah adat diibaratkan sebagai penyambung silaturrahmi sesame masyarakat Minangkabau. Sedang lambang buah coklat di bagian bawah logo menggambarkan salah satu komoditi khas Padang Pariaman. Sedang gambar orang berlari bermakna usaha dan keseriusan para atlet dalam mengejar prestasi di PORPROV.

Terakhir tiga buah lingkaran berwarna hitam merah dan kuning yang saling bersenggolan utuh seperti sebuah rantai merupakan ibarat daro persatuan yang kompak untuk mencapai tujuan khususnya peningkatan prestasi di seluruh cabang olahraga di PORPROV serta sebagai rantai persatuan yang kuat antara cabang dan olahraga yang dipertandingkan.

Tentang warna-warna yang ada pada logo tersebut juga ada pengertiannya. Di antaranya merah sebagai simbol semangat dan keberanian. Biru memiliki arti kesehatan, kesegaran dan kemakmuran di Kabupaten Padang Pariaman. Orange memiliki arti optimis, percaya diri dan kejujuran dalam berkompetisi serta jiwa semangat sportivitas dan jujur dalam menghargai sesama. Terakhir warna hitam sebagai penegas dan disiplin yang tinggi. (*)

Komentar

Komentar

Berita Terkait