Nilmaizar Optimis Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Uni Emirat Arab di Babak Lanjutan Asian Games

arenasumbar.com – Pelatih PS.Tira, Nilmaizar yakin Timnas Indonesia U-23 bisa mengalahkan Uni Emirat Arab U-23, dalam laga babak 16 besar Asian Games 2018 yang akan digelar di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Jumat (24/8).

Menurutnya rata-rata tim Timur Tengah di ajang Asian Games kali ini, tak menunjukkan performa yang bagus.

Nil menyebutkan, ini adalah saat terbaik bagi tim Merah Putih untuk menunjukan kemampuan terbaiknya, dan memastikan tiket lolos ke babak 8 besar.

Nil melihat secara umum, tim asuhan Luis Milla itu, dalam grafik permainan yang meningkat, dan mampu tampil sebagai juara Grup A.

“Saya kira timnas Indonesia dalam kondisi terbaik, dan secara motivasi mereka juga sangat tertantang untuk meraih terbaik di Asian Games kali ini. Saya yakin mereka akan bisa mengatasi Uni Emirat Arab.”katanya, Kamis siang.

Ditambahkannya, dua pemain senior yang dipilih Milla, Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves, akan tetap menjadi pemain yang penting dalam tim. Karena dari empat kali laga babak penyisihan Grup, keduanya menunjukan peran besar bagi tim.

“Jika mampu mempertahankan permainan saat menang 3-1 melawan Hongkong di penyisihan grup, peluang memang sangat terbuka. Apalagi ditambah dukungan penonton yang pastinya akan full untuk Indonesia.”lanjutnya.

Mantan pelatih Timnas Indonesia 2012 itu juga melihat, permainan Uni Emirat Arab juga tak terlalu istimewa di ajang Asian Games 2018 ini. Bahkan, mereka beruntung lolos ke 16 besar melalui jalur peringkat 3 terbaik.

“Umumnya tim-tim Timur Tengah bermain mengandalkan ball possesion saat menyerang. Jarang terlihat yang memiliki serangan-serangan cepat mematikan. Harusnya hal ini bisa dimanfaatkan Indonesia. Permainan menyerang dan menekan sejak menit awal, mungkin akan efektif.”tambah pelatih 48 tahun ini.

Hanya saja Hansamu Yama dan kawan-kawan tidak terpancing dengan gaya permainan lawan yang cenderung lambat dan banyak memainkan bola di lapangan tengah.

“Bisa Mencetak gol di menit-menit akan sangat penting bagi Indonesia untuk mengendalikan permainan.”ucap Nil lagi.

Di ajang Asian Games, Indonesia pernah mencatat hasil memuaskan saat Asian Games Seoul 1988, dengan menyingkirkan Emirat Arab di 8 besar dan maju ke semifinal.

Saat itu Indonesia yang dilatih Berce Matulapelwa, diperkuat pemain seperti Ricky Yacob, Adolof Kabo, Yonas Sawor, Ponirin Meka, Robby Darwis dan lain-lainnya, menang adu penalti 6-5.

“Ini saat terbaik mengulangi hasil 32 tahun silam, karena kita saat ini jadi tuan rumah dan peluang ke semifinal sangat terbuka, walaupun di babak 8 besar kalau tak ada kejutan kita akan bertemu Korea Utara.”pungkas Nil (*)

Berita Terkait