Arena Olahraga Sumatera Barat

Peduli Pembinaan Sepakbola Usia Dini, FOPSSI Sumbar Gelar Turnamen U-11 Tahun SSB Se-Sumatera Barat

Dua tim SSB pemenang lolos ke level nasional di Bandung, September mendatang

arenasumbar.com – FOPSSI (Forum Pembina Sekolah Sepak Bola Indonesia) Sumbar menguatkan upaya pembinaan sepakbola usia dini yang jadi pintu munculnya bibit-bibit pesepakbola masa depan Indonesia dengan menggelar turnamen U-11 tahun antar SSB (Sekolah Sepak Bola) di Stadion H. Agus Salim, Padang, selama dua hari, Minggu (19/8) dan Senin (20/8).

Bersinergi dengan Asprov PSSI Sumbar, ajang perdana yang digelar FOPSSI Sumbar tahun ini diikuti sebanyak 54 SSB se-Sumatera Barat. Dua tim SSB pemenang regional Sumbar nantinya berhak ke level nasional yang akan berlangsung di Bandung, September mendatang.

“Tahun lalu belum ada FOPSSI. Tahun ini pertama kali kita adakan dengan merangkul sebanyak mungkin SSB di Sumatera Barat untuk membangkitkan gairah pembinaan sepakbola usia muda sesuai tujuan FOPSSI yang fokus membina dan memberikan wadah bertanding kepada SSB-SSB di Indonesia dan khususnya Sumbar,” tutur Ketua FOPSSI Sumbar, Zufrinaldi ditemui arenasumbar.com, Minggu sore disela-sela pertandingan.

Zufrinaldi menjelaskan FOPSSI Sumbar hadir guna memberikan wadah bagi pembinaan pemain-pemain muda yang selama ini mungkin belum terpantau dengan baik. Hal itu sesuai dengan posisi dirinya yang juga merupakan salah seorang EXCO PSSI Sumbar, Komite Pembinaan Sepakbola Usia Muda.

“Mudah-mudahan dengan adanya FOPSSI dan turnamen U-11 tahun ini akan muncul bibit-bibit pesepakbola usia awal dibawah usia SMP dan SMU,” ujar pria yang juga pemilik klub Taruna Mandiri FC Kota Padang dan intensif membina sejak puluhan tahun lalu.

Sementara itu, Ketua Pelaksana turnamen Uthan Al Hakim yang mendampingi Zufrinaldi menerangkan pada hari pertama, Minggu (19/8), sebanyak 54 tim menjalani pertandingan dengan sistim setengah kompetisi pada 18 grup babak penyisihan.

Namun, hanya juara masing-masing grup yang lolos ke babak gugur yang akan melanjutkan pertarungan pada Senin (20/8).

“Hari pertama tadi kita jadwalkan seluruh partai penyisihan grup tuntas dan besoknya lanjut babak gugur hingga mendapatkan dua tim pemenang sebagai jatah Sumbar ke level nasional. Tapi menurut Ketua FOPSSI Bapak Edi, kita akan usahakan ada tiga tim dari Sumbar yang dapat tiket ke nasional,” jelas Uthan yang sering disapa Boss Rahel oleh kalangan penggiat sepakbola Kota padang dan Sumatera Barat.

Berikut selengkapnya pembagian grup turnamen U-11 FOPSSI Sumbar 2018 :

Komentar

Komentar

Berita Terkait