Arena Olahraga Sumatera Barat

Piala Indonesia 2018 : Bertandang ke Merangin, Semen Padang FC Bungkam Persih Masurai FC (5-1)

arenasumbar.com – Semen Padang FC melalui laga perdana mereka di Piala Indonesia 2018 zona 2 Sumatera dengan membungkam tim Liga 3 2018 Persih Masurai FC (5-1) di Stadion Bumi Masurai, Merangin-Jambi, Senin sore (13/8).

Superior Semen Padang FC yang berada di kasta kedua Liga Indonesia 2018 ini diawali gol cepat pada menit 5′ hasil tembakan first time Afriansyah dan sepakan keras Ananias Fingkreuw yang menyelesaikan umpan Finno Andrianas pada menit 14′.

Skor (2-0) pada babak pertama untuk keunggulan anak asuh Syafrianto Rusli ini semakin lebar di babak kedua berkat tambahan trigol lagi, sumbangan brace gol yang diciptakan Eliazer Thoncy Maran menit 64′ 74′ dan gol kelima dari Manda Cingi menit 88′.

Meski tuan rumah sempat membalas lewat penyerangnya Hardiansyah di menit 71′, namun kedudukan akhir (5-1) untuk kemenangan mutlak Semen Padang FC.

Elthon Maran (SPFC-kuning) dikepung pemain Persih Masurai FC (biru)/MO SPFC

Selepas pertandingan pelatih kepala Semen Padang Syafrianto Rusli bersyukur anak asuhnya mampu menang besar pada laga pertama hajatan Piala Indonesia 2018 ini.

“Kami mengucapkan syukur bisa memenangkan pertandingan disini. Saya rasa ini pertandingan yang berat. Cuaca panas. Anak-anak bisa melalui dengan baik,” tuturnya pada sesi jumpa pers setelah laga.

Meski begitu Pelatih yang tengah menempuh AFC Pro Coaching Course 2018 itu mengapresiasi permainan lawan yang notabene berbeda level dengan skuad Semen Padang FC.

Dirinya berharap dari Merangin akan muncul bibit-bibit sepakbola yang akan berkembang nantinya di pentas sepakbola nasional.

“Saya lihat banyak pemain-pemain berbakat di Merangin (Persih Masurai) ini. Mudah-mudahan tambah berkembang lagi,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Piala Indonesia 2018 diikuti 128 kontestan dari Liga 3, Liga 2 dan Liga 1. Hajatan yang terakhir kali berputar pada 2013 silam, selama babak penyisihan menggunakan sistim gugur dengan single match. yakni kalah berarti langsung gugur.

Sistem ini juga berlanjut di putaran kedua turnamen pada 64 besar. Pertandingan-pertandingan yang berakhir imbang di putaran pertama dan kedua akan berlanjut ke adu penalti.

Begitu pula di putaran ketiga (32 besar).tetap dengan sistem single match. Hanya saja,pertandingan-pertandingan yang berakhir imbang di putaran ini tidak akan berlanjut ke adu penalti, tetapi diulang di kandang tim yang bertindak sebagai tim tamu pada pertandingan sebelumnya.

Setelah itu, memasuki 16 besar, duel masing-masing tim peserta akan memainkan dua pertandingan, kandang dan tandang (dua leg). Sistem yang sama akan digunakan untuk pertandingan-pertandingan perempat final dan semifinal.

Tim Kabau Sirah, julukan Semen Padang FC sesuai hasil drawing Piala Indonesia berada di zona 2 Sumatera dari 16 zona keseluruhan babak awal Piala Indonesia 2018, tergabung bersama PSPS Pekanbaru, PS Pekanbaru, Nabil FC, Batang Anai FC, PES Pessel, Kepri 75 Jaya, PS Bintan.

“Kompetisi akan istirahat selama 1 bulan menghormati Asian Games. Tapi kita tetap latihan sampai Liga 2 berputar lagi. Kita main lagi tanggal 5 September ke Karwang melawan Persita Tangerang,” tutup Syafrianto Rusli.

Daftar Susunan Pemain
Persih Masurai FC : Juninho Afandi (PG); Elhami, Fadli Fernanda (c/60′ Fransiskus Saferius Kayame), Novriko; Adrian Yosep Mara, Boas Frengki karma, Hendra Gunawan, M. Fadli, (60′ Jean Nicsel Wilson Kbrek); Mulya Putra, Hardiansyah (78′ Albert Bonai).

Semen Padang FC : Guntur Pranata (PG); Febly Gushendra, Novrianto (c), Syaeful Anwar; Apriogi Yunespraga, Finno Andrianas, Leo Guntara (67′ Abdul Rahman Lestaluhu); Afriansyah, Ananias Fingkreuw (65′ M. Gugum Gumilar), Eliazer Thoncy Maran, Ronaldo Eko Julianto (76′ Manda Cingi).

Komentar

Komentar

Berita Terkait