PON XX Papua : Peserta Defile Pembukaan PON XX Papua 2021 Dibatasi

Jayapura – Jumlah barisan kontingen (Defile) saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 bakal dibatasi, salah satunya dari kontingen Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam pembukaan yang dilangsungkan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10) dan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, kontingen Sumbar akan menjadi satu dari 34 kontingen yang akan tampil.

Wakil Sekretaris III KONI Sumbar Rozi Rizqullah Rabani mengatakan, kontingen Sumbar akan melibatkan 20 personilnya untuk mengikuti barisan Defile tersebut.

Adapun jumlah tersebut, telah sesuai dengan ketentuan soal pembatasan. Aturannya adalah panitia hanya mengizinkan 10 persen dari jumlah atlet yang diberangkatkan untuk mengikuti pembukaan dalam barisan tersebut.

“Kondisinya tentu berbeda dengan kondisi sebelumnya. Ini tak terlepas dari upaya pembatasan oleh panitia demi mengurangi jumlah orang yang akan ikut terlibat karena masih pandemi Covid-19” kata Rozi di Jayapura, Sabtu (2/10).

Rozi menyebutkan, nantinya sebelum memasuki stadion, peserta Defile dan para undangan wajib mentaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19, termasuk salah satunya mengikuti tes swab PCR. Hal itu guna memastikan para peserta bebas dari virus Covid-19.

“Karenanya, seluruh peserta asal Sumbar sudah diikutkan tes PCR dan mereka kini sudah bersiap untuk tampil di stadion. Panitia juga sudah memastikan seluruh peserta sudah masuk dalam stadion sebelum pukul 18.00 WIT dan pada pukul 19.00 WIT, pintu stadion ditutup untuk persiapan pelaksanaan upacara pembukaan,” jelas Rozi.

Rencananya, kontingen Sumbar akan langsung dipimpin oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Audy Joinaldy yang telah mendarat di Bandara Sentani, Papua, Sabtu (2/10) siang.

Sebelum menuju venue pembukaan, Wagub Sumbar bersama Ketum KONI Sumbar Agus Suardi menyempatkan diri untuk menjenguk atlet Muaythai Sumbar pada RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura, Papua karena mengalami cedera cukup berat usai bertanding.

Komentar