Arena Olahraga Sumatera Barat

Rapat Exco PSSI Tetapkan Regulasi Liga Indonesia 3 2018, Apa saja?

Enam Tim Promosi ke Liga 2 Indonesia 2019

PADANG – Hasil rapat Exco PSSI yang digelar di kantor pusat otoritas sepakbola Indonesia, Jl. Kemang Timur V Kav 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Jum’at siang (16/2) salah satunya menetapkan regulasi Liga 3 Indonesia 2018.

Poin penting yang ditetapkan Exco yaitu memberlakukan kembali batasan usia kelahiran pemain yang boleh tampil untuk di Liga 3.

Selain pemain kelahiran 1996 dan tahun setelahnya, setiap klub kontestan diperbolehkan menggunakan maksimal tiga orang pemain senior.

Sedangkan kuota masing-masing klub sebanyak 30 pemain (27 pemain usia dibawah 23 tahun plus 3 pemain senior berusia 23 tahun ke atas)

Lebih rincinya, salah seorang Exco Verry Mulyadi yang dikonfirmasi arenasumbar.com via sambungan selulernya, Sabtu pagi (17/2) mengatakan kompetisi amatir Liga 3 terbagi dalam 3 putaran, yang diawali dari tingkat Provinsi, Regional dan Nasional.

“Salah satu pembahasan rapat Exco yaitu regulasi Liga 3 2018. Setelah dibahas, kita tetapkan regulasi pemain, kuota, klub peserta dan jadwal pelaksanaan, jatah promosi ke Liga 2,” ujar Verry.

Terkait jatah promosi kontestan Liga 3 musim ini, Verry menyebutkan keputusan Exco ada enam klub dari juara 1, runner-up, juara ketiga plus peringkat 4, 5 dan 6 hasil akhir kompetisi yang berhak lolos ke Liga 2 Indonesia 2019 menggantikan enam klub terbawah Liga 2 yang degradasi ke Liga 3.

“Untuk jadwal pelaksanan ada tiga putaran. Putaran provinsi kick off April. kemudian putaran regional sekaligus nasional Agustus. Untuk klub peserta anggota resmi PSSI dan calon anggota yang direkomendasikan oleh Asosiasi Provinsi PSSI,” lanjutnya.

“Ditetapkannya regulasi Liga 3 ini, tentu klub-klub peserta mulai dari tingkat Provinsi punya kepastian apa saya yang mesti dipersiapkan mereka. Saya pribadi mengharapkan manajemen tim perlu mencermati regulasi Liga 3 2018 ini dalam mempersiapkan tim masing-masing,” tutup pria asal Sumatera Barat itu.

REGULASI Liga 3 Indonesia 2018 :
UMUM :
– Tiga putaran, tingkat Provinsi, Regional dan Nasional
Kick-off putaran provinsi, April 2018
Kick-off putaran regional, Agustus 2018
Kick-off putaran nasional, Agustus 2018
MEKANISME TIAP PUTARAN :
– Putaran Provinsi : minimal pertandingan per klub 12 x
– Putaran Regional : sistem gugur, single match
– Putaran Nasional : setengah kompetisi, 16 Grup
REGULASI PESERTA :
– Anggota PSSI
– Calon Anggota PSSI (rekomendasi Asprov kepada PSSI)
– Promosi 6 klub (degradasi Liga 2, 6 klub)
REGULASI PEMAIN :
– Kuota 30 pemain
– Maksimal 3 pemain senior
– 27 pemain U-23 (1996 dan setelahnya)

Komentar

Komentar

Berita Terkait