Event – Arenasumbar.com https://www.arenasumbar.com Arena Olahraga Sumatera Barat Fri, 20 Dec 2019 10:50:38 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 https://www.arenasumbar.com/wp-content/uploads/2017/07/cropped-FAV-ARENASUMBAR-32x32.png Event – Arenasumbar.com https://www.arenasumbar.com 32 32 132615750 Kejuaraan Tinju Amatir Piala Walikota Padang Kembali Digelar https://www.arenasumbar.com/kejuaraan-tinju-amatir-piala-walikota-padang-kembali-digelar/ https://www.arenasumbar.com/kejuaraan-tinju-amatir-piala-walikota-padang-kembali-digelar/#respond Fri, 20 Dec 2019 10:50:38 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2418

Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Padang kembali menggelar kejuaraan tinju amatir Piala Wali Kota Padang pada tahun 2019.

The post Kejuaraan Tinju Amatir Piala Walikota Padang Kembali Digelar appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

Padang – Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Padang kembali menggelar kejuaraan tinju amatir Piala Wali Kota Padang pada tahun 2019.

Kejuaraan yang digelar untuk kedua kalinya itu akan digelar di GOR Tenis Telkom pada 22 hingga 28 Desember 2019, mendatang.

“Tahun sebelumnya alhamdulillah kami sukses menggelar kejuaraan tinju amatir dengan memperebutkan Piala Wali Kota Padang. Saat itu kami dari Pertina Kota Padang berhasil meraih juara umum,” kata Ketua Pertina Kota Padang Syahrial Kamat Rabu 18 Desember 2019.

Syahrial mengatakan, kejuaraan ini akan diikuti seluruh daerah yang ada di Sumatera Barat.

Selain memperebutkan Piala Wali Kota Padang, kejuaraan ini juga merupakan pra kualifikasi Porprov 2020.

“Jadi, karena ini merupakan bagian dari pra Porprov maka setiap daerah akan mengirim wakilnya. Sebab akan rugi jika tidak mengirimkan wakilnya. Karena dari kejuaraan ini akan mendapatkan tiket untuk berlaga di Porprov,” sebutnya.

Selain itu, Sekretaris Umum Pertina Kota Padang Dodi Damanik mengatakan petinju yang lolos ke Porprov adalah yang meraih medali.

“Berdasarkan rapat dengan pihak Pengrov, petinju yang berhak lolos ke Porprov adalah yang meraih medali. Artinya para petinju tersebut harus meraih peringkat pertama sampai ketiga jika ingin lolos Porprpov,” ujarnya.

Pada kejuaraan kali ini mempertandingkan 17 kategori kelas. 10 untuk kelas putra dan tujuh untuk kelas putri.

“Untuk Kota Padang sendiri tidak mengikuti semua kelas. Kami hanya menurunkan 12 petinju saja. Kenapa kami tidak turun di seluruh kelas, hal ini dikarenakan ada beberapa alasan, seperti ada petinju kami yang sedang sekolah dan berbagai alasan lainnya,” ungkapnya.

Pertina Kota Padang menurut Dodi bertekad untuk mempertahankan gelar juara umum yang didapatkan pada kejuaraan yang sebulmnya.

“Untuk peta persaingan ada beberapa daerah yang kami waspadai seperti Payakumbuh dan Pasaman,” sebutnya.

The post Kejuaraan Tinju Amatir Piala Walikota Padang Kembali Digelar appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/kejuaraan-tinju-amatir-piala-walikota-padang-kembali-digelar/feed/ 0 2418
Eva Desiana Atlet Asal Pariaman Siap Harumkan Nama Indonesia di SEA Games 2019 https://www.arenasumbar.com/eva-desiana-atlet-asal-pariaman-siap-harumkan-nama-indonesia-di-sea-games-2019/ https://www.arenasumbar.com/eva-desiana-atlet-asal-pariaman-siap-harumkan-nama-indonesia-di-sea-games-2019/#respond Wed, 27 Nov 2019 06:59:56 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2414

Atlet Asal Pariaman Eva Desiana siap dan optimis dapat mengukir prestasi bagi Indonesia dalam ajang olahraga terbesar se Asia Tenggara, SEA Games 2019.

The post Eva Desiana Atlet Asal Pariaman Siap Harumkan Nama Indonesia di SEA Games 2019 appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

 Jakarta – Atlet Asal Pariaman Eva Desiana siap dan optimis dapat mengukir prestasi bagi Indonesia dalam ajang olahraga terbesar se Asia Tenggara, SEA Games 2019.

Eva Desiana merupakan salah satu dari empat atlet Timnas Triathlon Indonesia.

Selain Eva, cabang olah raga ini akan dikawal oleh tiga atlet berbakat lainnya: Jauhari Johan (32), M.Ahlul Firman (21), dan Nethavani Octarina (18). Ini akan menjadi kali pertama, timnas Triathlon Indonesia mengikuti kejuaraan kualifikasi Olimpiade 2024 di luar negeri, setelah tahun lalu berlaga di ASIAN Games 2018.

Sebagai salah satu cabang olahraga yang akan diperhitungkan di masa depan, manager dari timnas Triathlon, Akbar Nasution meyakini bahwa tim akan membawa pulang 5 medali dari SEA Games, baik untuk triathlon maupun duathlon.

“Berdasarkan data yang ada, untuk Duathlon Jauhari Johan akan berpeluang meraih medali emas dan Eva Desiana memiliki peluang untuk medali perak. Di Triathlon, Ahlul Firman dan Nethavani masing-masing berpotensi meraih medali perak, dan untuk mixed relay kita harapkan bisa mendapat medali perak.” kata Akbar ditemui saat Latihan Gabungan di Rocca Space, Senayan, Minggu 24 November 2019

Eva Desiana, membuktikan bahwa perempuan bisa berprestasi di cabang olahraga Triathlon.

“Tanpa memandang stereotype, kami para atlet harus bisa fokus, disiplin dan gigih berlatih. Dukungan dari masyarakat dan teman-teman komunitas Triathlon juga menambah semangat kami mengukir prestasi.” katanya.

Awal mula Eva mengenal cabang olahraga ini adalah dari keikutsertaannya di Pariaman International Triathlon 2015 untuk nomor Duathlon, dimana ia berhasil meraih posisi pertama.

“Sejak itu saya menjadi jatuh cinta dengan olahraga ini dan mengikuti kompetisi lainnya di tahun-tahun berikutnya. Di SEA Games kali ini saya akan memberikan yang terbaik, karena saya akan membawa nama Indonesia dan khususnya Sumatera Barat.” tambahnya.

Akbar juga mengatakan bahwa Olimpiade 2024 adalah target utama dari timnas triathlon dan saat ini tim tengah berupaya mengumpulkan poin.

“Kami optimis bahwa dengan terjunnya Ahlul dan Nethavani di ajang ini akan menjadi langkah awal yang baik untuk persiapan Indonesia di Olimpiade 2024, karena hasil maksimal di pesta olahraga Asia Tenggara ini bisa menambah poin individu para atlet untuk lolos ke Paris.”

Timnas triathlon telah berangkat ke Manila, Filipina pada Senin 25 November 2019.

Keberangkatan timnas triathlon yang satu minggu lebih awal dari jadwal pertandingan menambah rasa optimisme mereka. Sebelumnya, Akbar telah membuat formula latihan khusus untuk meningkatkan kemampuan atlet, mereka telah melakukan latihan khusus di Pelatnas Bandung dan Camp Jasalindo Malang untuk SEA Games ini.

“Persiapan kami sudah oke, yang utama adalah menyiapkan mental.” kata Jauhari Johan, ditemui di saat yang sama.

Atlet asal Sumatera Selatan yang telah terjun dalam kejuaraan lari dan triathlon selama 12 tahun ini dipercaya bisa membawa pulang medali emas. Ahlul Firman yang sebelumnya menjadi satu-satunya atlet yang diturunkan dalam nomor triathlon putra Asian Games 2018 optimis hasil SEA Games akan lebih baik.

“Kali ini persiapan saya lebih matang. Sejak berlaga di tahun lalu, saya memang sudah menargetkan akan bawa pulang medali di SEA Games 2019” ujarnya.

Nethavani, atlet triathlon termuda yang berangkat ke Manila optimis bisa mencetak poin maksimal untuk persiapannya di Olimpiade 2024. “Walau fokus ke Olimpiade 2024, saya tetap optimis bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia di SEA Games.” Nethavani dengan prestasinya hingga saat ini, digadang termasuk dalam lima besar atlet triathlon dunia untuk kelompok usia yang sama.

Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia, Mayor Jenderal TNI Joko Warsito mengungkapkan dengan manajemen baru Federasi Triathlon Indonesia, kita akan sinergikan semua elemen komunitas, pembina, atlet, dan organisasi demi tujuan jangka panjang Triathlon Indonesia menuju Olimpiade 2024.

“Cabang olahraga ini memang terbilang masih sangat baru di Indonesia dan harapannya semakin banyak orang yang menaruh minat, semakin banyak pula dukungan yang bisa diberikan para atlet yang berjuang untuk bangsa dan negara,” katanya.

SEA Games 2019 dijadwalkan berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember, sedangkan untuk cabang olahraga Triathlon akan digelar pada 1 hingga 4 Desember 2019. Kontingen Indonesia akan memberangkatkan sekitar 773 atlet. Dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan, Indonesia akan mengikuti 49 cabang olahraga.

The post Eva Desiana Atlet Asal Pariaman Siap Harumkan Nama Indonesia di SEA Games 2019 appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/eva-desiana-atlet-asal-pariaman-siap-harumkan-nama-indonesia-di-sea-games-2019/feed/ 0 2414
Pemkab Tanah Datar Usulkan Danau Singkarak Tetap Dilewati Pebalap TdS https://www.arenasumbar.com/pemkab-tanah-datar-usulkan-danau-singkarak-tetap-dilewati-pebalap-tds/ https://www.arenasumbar.com/pemkab-tanah-datar-usulkan-danau-singkarak-tetap-dilewati-pebalap-tds/#respond Wed, 11 Sep 2019 12:28:10 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2401

Pemkab Tanah Datar akan tetap mengusulkan Danau Singkarak menjalani rute yang dilalui Etape Tour de Singkarak (TdS) 2019.

The post Pemkab Tanah Datar Usulkan Danau Singkarak Tetap Dilewati Pebalap TdS appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

Batusangkar – Pemkab Tanah Datar akan tetap mengusulkan Danau Singkarak menjalani rute yang dilalui Etape Tour de Singkarak (TdS) 2019.

Sebelumnya, terdengar kabar, jika Danau Singkarak tidak lagi masuk kedalam rute yang akan dilewati para pebalap dalam ajang olahraga wisata Internasional tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar Abdul Hakim menyebutkan, jika penetapan rute TdS sendiri masih belum final.

“Dari hasil rapat koordinasi Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat di Hotel Emersia Batusangkar kemarin, belum ada keputusan resmi dari panitia apakah melewati Danau Singkarak atau tidak, karena baru survey ke dua untuk penetapan resmi,” kata Abdul disela-sela kunjungan Alumni Lemhanas di Puncak Mortir, Nagari Pariangan, Tanah Datar, Rabu 11 September 2019.

Disebutkan Abdul, sesuai arahan Bupati Tanah Datar Irdinansyah, pihaknya akan tetap menyampaikan, jika Danau Singkarak harus tetap dilewati pebalap saat rapat koordinasi.

“Sesuai arahan pimpinan, TdS harus melewati Danau Singkarak. Maka kita usulkan pada etape 1 jika tidak memungkinkan pada etape 6,” jelas Hakim.

Terakhir, kata Abdul Hakim, panitia akan turun ke lapangan guna melakukan survei ketiga.

“Untuk kepastian rute ini, tim turun kembali melakukan survey, yang jelas semua telah sepakat (dibicarakan lagi),” tutup Abdul.

The post Pemkab Tanah Datar Usulkan Danau Singkarak Tetap Dilewati Pebalap TdS appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/pemkab-tanah-datar-usulkan-danau-singkarak-tetap-dilewati-pebalap-tds/feed/ 0 2401
Pemko Solok Gelar Pekan Olahraga 2019 https://www.arenasumbar.com/pemko-solok-gelar-pekan-olahraga-2019/ https://www.arenasumbar.com/pemko-solok-gelar-pekan-olahraga-2019/#respond Wed, 20 Feb 2019 14:27:36 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2350

Solok – Bertempat di GOR Kota Solok, Kelurahan Tanjung paku, Wakil Walikota Solok Reinier secara resmi membuka Pekan Olahraga Kota (Porkot) Kota Solok Tahun 2019. Porkot antar kelurahan kali ini mempertandingkan tiga cabang olahraga, diantaranya, Bulutangkis, Futsal dan Tenis Meja yang dilaksanakan pada 18 Februari sampai 22 Februari 2018. Reinier mengatakan, Pekan Olahraga Kota Solok […]

The post Pemko Solok Gelar Pekan Olahraga 2019 appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

Solok – Bertempat di GOR Kota Solok, Kelurahan Tanjung paku,
Wakil Walikota Solok Reinier secara resmi membuka Pekan Olahraga Kota (Porkot) Kota Solok Tahun 2019.

Porkot antar kelurahan kali ini mempertandingkan tiga cabang olahraga, diantaranya, Bulutangkis, Futsal dan Tenis Meja yang dilaksanakan pada 18 Februari sampai 22 Februari 2018.

Reinier mengatakan, Pekan Olahraga Kota Solok dilaksanakan dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat Kota Solok.

Kegiatan ini juga merupakan Visi dan Misi dari Pemerintah Kota Solok untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Porkot, itulah singkatannya, merupakan tolak ukur bagi kelurahan untuk menumbuhkan minat olahraga bagi masyarakat Kota Solok, terutama generasi muda.

“Apabila generasi muda sehat, pasti masyarakat Kota Solok akan sehat dan sejahtera. Sehingga, prestasi olahraga kita akan meningkat dan akan diperhitungkan ditingkat provinsi maupun Nasional,” ujar Reinier.

Reinier juga mengucapkan selamat bertanding, jaga sportifitas serta rasa persaudaraan sesama insan olahraga se Kota Solok.

“Selain menyalurkan bakat dan mengukur prestasi, Porkot ini sebagai ajang menjalin dan meningkatkan silaturrahmi antar pemain dan pengurus olahraga khususnya, dan masyarakat pada umumnya,” harap Reinier.

Laporan : Fernandez

The post Pemko Solok Gelar Pekan Olahraga 2019 appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/pemko-solok-gelar-pekan-olahraga-2019/feed/ 0 2350
21 Tim Siap Berlaga di Tour de Singkarak 2018 https://www.arenasumbar.com/21-tim-siap-berlaga-di-tour-de-singkarak-2018/ https://www.arenasumbar.com/21-tim-siap-berlaga-di-tour-de-singkarak-2018/#respond Sat, 03 Nov 2018 08:12:59 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2319 Suasana kejuaraan Tour de Singkarak 2015 di Painan, Sumatera Barat. Foto : Media Indonesia

21 tim yang terdiri dari 16 tim Internasional dan 5 tim Nasional akan turut serta dalam laga balap sepeda Tour de Singkarak 2018.

The post 21 Tim Siap Berlaga di Tour de Singkarak 2018 appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
Suasana kejuaraan Tour de Singkarak 2015 di Painan, Sumatera Barat. Foto : Media Indonesia

21 tim yang terdiri dari 16 tim Internasional dan 5 tim Nasional akan turut serta dalam laga balap sepeda Tour de Singkarak 2018. Nantinya, pebalap akan menempuh rute 1.267 kilometer yang terbagi dalam delapan etape.

Adapun ke-21 tim yang berlaga dalam Tour de Singkarak 2018, diantaranya :

  1. Sapura Racing Team (Malaysia)
  2. Nex-CCN (Laos)
  3. LXCycking Team (Korea)
  4. Forca Amsking Racing (Malaysia)
  5. 7-11 Clicks (Philippines)
  6. Ningxia Sport Lottery (China)
  7. Bikelife Dongnai (Vietnam)
  8. Terengganu Cyling Team (Malaysia)
  9. St George (Australia)
  10. Omidia Mashad Team (Iran)
  11. Thai Continental Team (Thailand)
  12. Bike Aid (Germany)
  13. PCS Netherland (Cambodea)
  14. Kyoto Sangyo University Team (Japan)
  15. Mes Kerman (Iran)
  16. Go far Gold (Philippines)
  17. Padang Road Bike Bank Nagari (Indonesia)
  18. Advance CCC (Indonesia)
  19. KFC Racing Team (Indonesia)
  20. PGN Cyling Team (Indonesia)
  21. BRCC (Indonesia)

Etape pertama dari Tour de Singkarak akan dimulai, Minggu (3/11/2018) besok dengan titik awal di Kota Bukittinggi.

The post 21 Tim Siap Berlaga di Tour de Singkarak 2018 appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/21-tim-siap-berlaga-di-tour-de-singkarak-2018/feed/ 0 2319
Coke Kicks 2018 Tuntas di Lumbung Bakat Pesepakbola Muda Sumbar, Kota Payakumbuh https://www.arenasumbar.com/coke-kicks-2018-tuntas-di-lumbung-bakat-pesepakbola-muda-sumbar-kota-payakumbuh/ https://www.arenasumbar.com/coke-kicks-2018-tuntas-di-lumbung-bakat-pesepakbola-muda-sumbar-kota-payakumbuh/#respond Sun, 23 Sep 2018 16:57:49 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2277

Setelah sukses menggelar Coke Kicks 2018 di Lampung, Medan, Banjarmasin, Sukabumi dan Semarang, program coaching clinic sepakbola bagi pelatih dan pemain muda juga berjalan baik dan lancar pada seri ke-6, di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Sabtu (22/9) dan Minggu (23/9).

The post Coke Kicks 2018 Tuntas di Lumbung Bakat Pesepakbola Muda Sumbar, Kota Payakumbuh appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

arenasumbar.com – Setelah sukses menggelar Coke Kicks 2018 di Lampung, Medan, Banjarmasin, Sukabumi dan Semarang, program coaching clinic sepakbola bagi pelatih dan pemain muda juga berjalan baik dan lancar pada seri ke-6, di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Sabtu (22/9) dan Minggu (23/9).

Kegiatan Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) yang mengandeng Askot PSSI Payakumbuh itu berjalan baik, sukses dan lancar sesuai tujuan memberikan penguatan program pelatihan.

“Harapan program Coke Kicks 2018 disini adalah mewujudkan Payakumbuh sebagai lumbung pemain muda berbakat sepakbola Indonesia dari Sumatera Barat,” ujar Yayan Sopian CA Regional Manager West Indonesia sehabis penyerahan apresiasi pemenang di lapangan sepakbola Kubu Gadang, Payakumbuh, Minggu (23/9).

“Hal ini sesuai dengan komitmen CCAI dengan program Coke Kicks ini untuk terus tumbuh bersama para pemangku kepentingan sepakbola di Indonesia untuk mengembangkan kapabilitas masyarakat, membangun komunitas yang mandiri dan berkelanjutan khususnya dalam bidang pelatihan sepakbola. Sebab Indonesia memiliki potensi generasi muda yang hebat. Makanya kami yakin dengan cara pelatihan yang tepat maka kita dapat mengantarkan mereka dalam meraih prestasinya lebih gemilang,” jelas Yayan.

Foto bersama 224 pesepkbola muda Payakumbuh/ist

Sementara Sekum Askot PSSI Payakumbuh menerangkan Coke Kicks 2018 di Payakumbuh merupakan seri ke-6 dari 10 kota di Indonesia dengan agenda coaching clinic bagi 32 orang pelatih muda berbakat.

“Pada hari pertama, pelatihan untuk pelatih. Fokusnya untuk meningkatkan kompetensi pelatih. Mulai dari teknik komunikasi,motivasi dan penerapan strategi dasar permainan sepak bola. Di hari kedua, Minggu, para pelatih-pelatih ini mendapatkan kesempatan melatih 224 anak yang berusia 14-16 tahun yang terbagi dalam 16 tim peserta,” ujar Andra yang sekaligus Ketua Pelaksana Coke Kicks dari Askot PSSI Payakumbuh.

Sedangkan Yunaidi, inisiator hadirnya Coke Kicks di Payakambuh dan selaku pemerhati pembinaan pesepakbola usia muda mengaku dirinya dan pihak Askot sangat berterima kasih kepada CCAI yang memberikan atensi, memilih kota mereka sebagai tempat penyelenggaran ke-6 se-Indonesia.

“Program Coke Kicks ini sangat bagus sekali terhadap perubahan pola pikir para pelatih supaya tidak lagi hanya melatih pemain muda dengan orientasi cuma mengejar gelar juara saja. Tetapi bisa mendapatkan momentum ini sebagai pembelajaran cara sistematis, menggali bakat pemain dan mengembangkan kemampuan sendiri melalui sesi training of the trainers, players dan mini competition, sebagai upaya mengantarkan talenta-talenta muda berbakat dari Payakumbuh,” sambung Yunaidi, penasehat panitia kegiatan dari Askot serta pemilik Minang FC di Jakarta itu.  .

Apresiasi untuk SSB Tunas Muda, best team/ist

Coke Kicks Payakumbuh 2018 yang turut melibatkan para senior dan penggiat sepakbola di Sumatera Barat pada hari terakhir dan penutupan telah menetapkan Best Team untuk SSB Tunas Putra.

Kemudian Bima Pratama (Tunas Putra) sebagai Best of the Best Player, Jimmy Bryan (SSB Cipendawa), Bambang Kurniawan (SSB Porsid) dan M Rasyid Al Hafiz (SSB Remamer) selaku Best Player lainnya.

Serta Muhammad Asyim Alghifari (SSB Remamer) menjadi Top Scorer dan Alfis Niki Prayudha (SSB Perisai) untuk kategori Fair Play Player. Sementara untuk Best Coach terpilih Indra Jaya. (*)

The post Coke Kicks 2018 Tuntas di Lumbung Bakat Pesepakbola Muda Sumbar, Kota Payakumbuh appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/coke-kicks-2018-tuntas-di-lumbung-bakat-pesepakbola-muda-sumbar-kota-payakumbuh/feed/ 0 2277
Ketua Askot H. Erwin Yunaz Apresiasi Tinggi Coke Kicks 2018 di Payakumbuh https://www.arenasumbar.com/ketua-askot-h-erwin-yunaz-apresiasi-tinggi-coke-kicks-2018-di-payakumbuh/ https://www.arenasumbar.com/ketua-askot-h-erwin-yunaz-apresiasi-tinggi-coke-kicks-2018-di-payakumbuh/#respond Sat, 22 Sep 2018 16:50:12 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2263

Ketua Askot PSSI Payakumbuh H. Erwin Yunas menyatakan apresiasi tinggi kepada Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) yang menggelar program Coke Kicks 2018, ajang pelatihan dan peningkatan kemampuan bagi pelatih dan pesepakbola usia muda di lapangan sepakbola Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, Sabtu (22/9) dan Minggu (23/9) ini.

The post Ketua Askot H. Erwin Yunaz Apresiasi Tinggi Coke Kicks 2018 di Payakumbuh appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

arenasumbar.com – Ketua Askot PSSI Payakumbuh H. Erwin Yunaz menyatakan apresiasi tinggi kepada Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) yang menggelar program Coke Kicks 2018, ajang pelatihan dan peningkatan kemampuan bagi pelatih dan pesepakbola usia muda di lapangan sepakbola Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, Sabtu (22/9) dan Minggu (23/9) ini.

Erwin yang juga merupakan Wakil Walikota Payakumbuh itu mengaku kepercayaan yang diberikan CCAI dengan memilih Payakumbuh sebagai kota ke-6 dari 10 kota di Indonesia pelaksanaan Coke Kicks 2018 diyakininya sangat besar manfaatnya bagi Askot PSSI Payakumbuh disisi pembinaan sepakbola usia muda.

“Terima kasih kepada CCAI yang sudah memilih Payakumbuh sebagai kota ke-6 penyelenggaraan program Coke Kicks 2018. Harapan saya Payakumbuh tahun depan jadi kota pertama program ini Besar manfaatnya dalam peningkatan kemampuan bagi pelatih dan bakat-bakat usia muda pesepakbola dari Payakumbuh,” tutur Erwin dalam kata sambutan pembukaannya.

“Dengan program-program seperti Coke Kicks yang diadakan CCAI, bukan tidak mungkin pemain-pemain Tim Nasional semuanya dari Payakumbuh. Mudah-mudahan Coke Kicks menambah pengetahuan masing-masing pelatih dalam menciptakan pesepakbola handal dari kota ini,” tambahnya.

Foto bersama peserta Coke Kicks 2018 di Payakumbuh/istimewa

Sementara Yayan, area manager CCAI wilayah Sumatera yang memantau Coke Kicks 2018 mengatakan Payakumbuh dipercayai pihaknya karena telah banyak lahir pesepakbola andal yang bermain di klub-klub sepakbola profesional Indonesia.

Dirinya menyebutkan CCAI telah menginventarisir prestasi-prestasi Sekolah Sekolah Sepak Bola Kota Payakumbuh selama ini.

“Alasan kami CCAI, Payakumbuh punya antusias besar terhadap pembinaan sepakbola usia muda. Itu sejalan dengan tujuan dan misi program Coke Kicks, memberikan kesempatan prestasi bagi pelatih-pelatih dan pemain-pemain muda di Indonesia,” terangnya.

Yayan menerangkan selain coaching clinic pelatih dan pemain. Coke Kicks akan memilih pelatih, pemain-pemain terbaik pada akhir program nanti.

“Penilaiannya tidak saja soal teknis. Instruktur Coke Kicks dari ASA Foundation akan melihat etika, kedisiplinan dan sisi manajerial seorang pelatih dan pemain terhadap timnya,” katanya.

Pemain-pemain SSB se-Kota Payakumbuh/istimewa

Coke Kicks 2018 di Payakumbuh pada hari pertama, Sabtu (22/9) berjalan antusias. Semua pelatih yang terdiri dari 32 orang mengikuti seksama kelas pelatihan dari jam 08.00 WIB hingga siang hari. Begitu pula dengan pemain-pemain muda yang berasal dari 16 tim SSB se-Kota Payakumbuh dan sekitarnya,

Pada hari kedua, Minggu (23/9) jadwalnya fun games dengan sistim gugur. Prinsipnya instruktur melihat sejauh mana peranan pelatih bagi timnya masing-masing. Tetapi pertadingan ini bukan juara yang lebih penting namun bermain dengan fun (senang hati) dan gembira.

“Makanya, Askot PSSI Payakumbuh berharap Coke Kicks 2018 ini bisa merubah pola pikir pelaku, penggiat dan komunitas sepakbola di Payakumbuh,” imbuh Andra Eka Putra Panitia Pelaksana yang juga Sekretaris Umum Askot PSSI Payakumbuh.

The post Ketua Askot H. Erwin Yunaz Apresiasi Tinggi Coke Kicks 2018 di Payakumbuh appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/ketua-askot-h-erwin-yunaz-apresiasi-tinggi-coke-kicks-2018-di-payakumbuh/feed/ 0 2263
Perebutkan Hadiah Total Rp.45 Juta, PADANG LEAGUE 2018 Segera Bergulir di Kota Padang https://www.arenasumbar.com/perebutkan-hadiah-total-rp-45-juta-padang-league-2018-segera-bergulir-di-kota-padang/ https://www.arenasumbar.com/perebutkan-hadiah-total-rp-45-juta-padang-league-2018-segera-bergulir-di-kota-padang/#respond Wed, 19 Sep 2018 09:37:49 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2245

Sebuah kompetisi sepakbola antar komunitas bertajuk Padang League bakal bergulir di Kota Padang awal Desember 2018 mendatang.

The post Perebutkan Hadiah Total Rp.45 Juta, PADANG LEAGUE 2018 Segera Bergulir di Kota Padang appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

arenasumbar.com – Sebuah kompetisi sepakbola antar komunitas bertajuk Padang League bakal bergulir di Kota Padang medio Oktober 2018 mendatang.

Kompetisi sepakbola antar komunitas (bisa klub ataupun tim amatir) perdana di Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Indonesian Champions League Community di level nasional.

Hal itu diungkap oleh Aditya Fernandheaf selaku CEO Ranah Rantau yang menaungi Padang League sehabis menggelar sosialisasi dengan perwakilan 18 tim calon peserta di salah satu cafe seputar Kota Padang, Minggu (16/9) lalu.

“Minggu lalu kita telah sosialisasikan kompetisi ini kepada calon peserta yang kita undang. Kami menyampaikan materi liga baik itu regulasi, sanksi, sistem dan format kompetisi, komitmen peserta, hadiah dan iuran peserta,” ujar Adit kepada arenasumbar.com, Rabu siang (19/9).

Registrasi sosialisasi Padang League, Minggu lalu/ist

Lebih lanjut Adit menerangkan pada kompetisi ini, setiap komunitas (klub atau tim) dihuni minimal 22 orang dan maksimal 50 orang yang meliputi pemain dan official. Nanti ketika pertengahan musim, tepatnya minggu ke-7 dan ke-8 akan dibuka transfer windows maksimal 10 pemain.

Menariknya, Padang League memperbolehkan penggunaan pemain berlabel marquee player yang berasal dari pesepakbola profesional Liga 1 ataupun Liga 2 Indonesia.

“Untuk pertandingan berdurasi 2 x 35 menit dengan masa istirahat selama 5 menit. Sebelum berlaga setiap klub wajib hadir dalam sesi konferensi pers terkait persiapan dan kondisi tim masing-masing. Saat konferensi pers itu khusus manager tim, kita tetapkan dress code nya mengenakan jas,” ujar Adit.

Menyoal sistem dan format kompetisi dengan format Liga, Padang League mengadopsi aturan FIFA tapi memodifikasi beberapa item sesuai dengan kondisi sepakbola di Sumatera Barat.

“Setiap kemenangan mendapatkan poin 3, draw atau imbang poin 1, dan kalah tidak ada poin. Kompetisi ini akan berlangsung kurang lebih sekitar 4 bulan, dijadwalkan pertandingan tiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu dengan 4 pertandingan tiap harinya,” jelas Adit.

Foto bersama clon tim peserta usai sosialisasi/ist

“Kompetisi ini nantinya juga berlanjut ke tingkat nasional ke ajang Indonesian Champions League Community, saat ini sudah ada Bandung Premier League dan Jakarta Super League,” sebutnya.

Dari 18 tim yang ikut sosialisasi, sebanyak 14 tim sudah mengambil berkas pendaftaran keikutsertaan mereka.

“Formulir administrasi calon peserta itu diambil oleh beberapa tim yang berasal dari Padang, Solok, Sawahlunto, Padang Panjang dan Mentawai,” terang pria yang juga pemilik Football Addict Store di kawasan Jembatan Siteba Kota Padang.

“Dalam waktu dekat, kami akan audiensi dengan Asprov PSSI Sumbar agar kompetisi ini berjalan sesuai harapan dan tujuan kami,” tutup Adit (*)

The post Perebutkan Hadiah Total Rp.45 Juta, PADANG LEAGUE 2018 Segera Bergulir di Kota Padang appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/perebutkan-hadiah-total-rp-45-juta-padang-league-2018-segera-bergulir-di-kota-padang/feed/ 0 2245
Dibuka Ketua Asprov PSSI Sumbar, 70 Calon Wasit Nasional C.II Jalani Kursus di INS Kayu Tanam https://www.arenasumbar.com/dibuka-ketua-asprov-pssi-sumbar-70-calon-wasit-nasional-c-ii-jalani-kursus-di-ins-kayu-tanam/ https://www.arenasumbar.com/dibuka-ketua-asprov-pssi-sumbar-70-calon-wasit-nasional-c-ii-jalani-kursus-di-ins-kayu-tanam/#respond Sat, 01 Sep 2018 17:46:23 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2119

Ketua Asprov PSSI Sumbar membuka resmi kursus wasit nasional C.II yang digelar mulai Sabtu, 1 September hingga Minggu 9 September 2018 di INS Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar)

The post Dibuka Ketua Asprov PSSI Sumbar, 70 Calon Wasit Nasional C.II Jalani Kursus di INS Kayu Tanam appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

arenasumbar.com – Ketua Asprov PSSI Sumbar membuka resmi kursus wasit nasional C.II yang digelar mulai Sabtu, 1 September hingga Minggu 9 September 2018 di INS Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar)

H. Indra Dt Rajo Lelo, SH, MM, Ketua Asprov PSSI Sumbar yang diwakili Sekretaris Umum Hendra Dupa, S.Pd dalam sambutannya berharap kepada 70 peserta untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan emas berupa kursus wasit seperti ini.

Hendra meminta calon wasit itu mampu menyerap semua materi yang disajikan instruktur supaya kedepannya menjadi pengadil pertandingan yang berintegritas tinggi.

Menurut Hendra, hal itu juga erat kaitannya terhadap progress masing-masing calon wasit nasional C.II dalam kelanjutan karir mereka yang tentu akan meningkat ke level lebih atas bahkan mungkin saja menembus lisensi FIFA.

“Kursus wasit merupakan salah satu implementasi tata kelola organisasi PSSI Pusat di bidang peningkatan sumber daya manusia khususnya perangkat pertandingan,” ujar Hendra Dupa selepas pembukaan kepada arenasumbar.com.

Kata Sambutan Hendra Dupa mewakili Indra Dt Rajo Lelo (Ketua Asprov PSSI Sumbar)

Karena itu, Hendra Dupa menjelaskan kursus wasit nasional C.II yang diselenggarakan Asprov PSSI Sumbar sejatinya adalah program pertama kepengurusan pimpin Ketua, Indra Dt Rajo Lelo yang telah dirancang. Dimana rencana awal pelaksanaannya pada bulan Juli namun terealisasi pada awal September sekarang.

“Kursus wasit nasional C.II ini sebenarnya adalah program pertama kepengurusan Asprov periode 2017-2021. Tapi karena di bulan Juli, PSSI Pusat ada pertimbangan lain, makanya pending. Lampu hijau pelaksanaannya terealisasi bulan September ini,” tuturnya.

“Kita berharap selesai kursus, seluruh yang akan menyandang sertifikat wasit nasional C.II ini nantinya punya sikap adil, jujur dan satria sebagai seorang pengadil pertandingan. Itu mutlak dimiliki mereka,” tutup Hendra.

Sementara Ketua Pelaksana, Yulius Dede menyampaikan peserta kursus berasal hampir dari seluruh provinsi di Sumatera. Ke-70 orang itu datang dari Provinsi Aceh, Sumut, Riau dan Jambi plus tuan rumah sendiri Sumbar.

“Antusias penyelenggaraan kursus wasit nasional C.II yang kita (Asprov PSSI Sumbar) adakan sangat luar biasa. Peminatnya tidak saja dari Sumbar. Separonya dari Aceh, Sumut, Riau dan Jambi,” kata Dede.

“Mudah-mudahan semuanya disiplin jalani kursus. Mampu menyerap seluruh materi dengan baik sebagai modal berharga ketika bertugas, berkualitas dalam memimpin pertandingan,” kata mantan wasit FIFA tersebut.

Panitia Pelaksana menerima registrasi peserta

Senada dengan Exco Bidang Perwasitan Asprov PSSI Sumbar H. Erwin Sofyan yang menegaskan wasit sangat menentukan kualitas sebuah pertandingan sepakbola. Sebab itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni bagi seorang wasit agar sukses dalam mengadili pertandingan itu sendiri.

“Dalam kursus inilah mereka lebih dulu menempa diri, belajar tentang law of the game, role of the game. Selain pengetahuan itu, syarat kecakapan fisik juga poin penting bagi kesuksesan seorang wasit. Semua harus komplit,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Askab PSSI Padang Pariaman, Kompol. Maymuspi, SE, MM menyambut baik pelaksanaan kursus yang diadakan di kawasan INS Kayu Tanam nan notabene berada di lingkungan Askab Padang Pariaman.

“Terima kasih atas kepercayaan Asprov yang memilih Padang Pariaman selaku tempat kursus. Tempat ini (INS Kayu Tanam) representatif sekali bagi sebuah kursus. Suasananya nyaman, jauh dari kebisingan, Semua peserta bisa fokus dan konsentrasi menjalani kursus disini,” ujarnya.

Maymuspi meminta ke-70 peserta sungguh-sungguh agar mereka setelah kursus punya mental, intelegensia dan keputusan kuat ketika sudah menjadi seorang pengadil pertandingan.

“Belajar, mengamati dan memahami selama mengikuti kursus. Itu berguna nantinya dalam mengadili pertandingan dengan baik,” tutup Maymuspi.

The post Dibuka Ketua Asprov PSSI Sumbar, 70 Calon Wasit Nasional C.II Jalani Kursus di INS Kayu Tanam appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/dibuka-ketua-asprov-pssi-sumbar-70-calon-wasit-nasional-c-ii-jalani-kursus-di-ins-kayu-tanam/feed/ 0 2119
Terhenti di 8 Besar Nasional Piala Menpora U-12, Indra Dt Rajo Lelo Apresiasi Tinggi Kerja Keras SSB Batuang Taba https://www.arenasumbar.com/terhenti-di-8-besar-nasional-piala-menpora-u-12-indra-dt-rajo-lelo-apresiasi-tinggi-kerja-keras-ssb-batuang-taba/ https://www.arenasumbar.com/terhenti-di-8-besar-nasional-piala-menpora-u-12-indra-dt-rajo-lelo-apresiasi-tinggi-kerja-keras-ssb-batuang-taba/#respond Thu, 30 Aug 2018 12:59:44 +0000 https://www.arenasumbar.com/?p=2109

Wakil Sumbar akhirnya memasrahkan nasib terhenti di fase 8 Besar putaran nasional Piala Menpora U-12 2018, setelah kalah tipis (1-2) dari wakil Jawa Barat, di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (30/8).

The post Terhenti di 8 Besar Nasional Piala Menpora U-12, Indra Dt Rajo Lelo Apresiasi Tinggi Kerja Keras SSB Batuang Taba appeared first on Arenasumbar.com.

]]>

arenasumbar.com – Wakil Sumbar akhirnya memasrahkan nasib terhenti di fase 8 Besar putaran nasional Piala Menpora U-12 2018, setelah kalah tipis (1-2) dari wakil Jawa Barat, di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (30/8).

SSB Batuang Taba, wakil Sumbar itu harus berbesar hati pulang ke Ranah Minang. Namun, apresiasi tinggi tetap diberikan oleh Ketua Asprov PSSI Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo, SH, MM, yang langsung menyaksikan perjuangan anak asuh Deswandi, SPd melewati rintangan demi rintangan dari fase penyisihan grup D dan 16 Besar hingga terhenti di 8 Besar.

“Permainan anak-anak sudah sangat maksimal. Secara kualitas, mereka tidak kalah dari tim-tim wakil provinsi se-Indonesia. Teknik dasarnya sama semua. Bedanya, saya lihat hanya soal postur tubuh. Ada wakil provinsi lain yang punya pemain dengan postur pemain lebih besar dari pemain-pemain kita. Serupa pemain-pemain Sumut dan Jateng,” ujar Indra dikonfirmasi arenasumbar.com via sambungan selulernya, Kamis malam (30/8).

Kedepan, Indra berharap kepada seluruh stake holder pembinaan sepakbola usia muda Sumatera Barat agar tetap bersemangat menata diri, bergiat terus menjalankan roda pembinaan melalui proses yang baik dan benar agar muara sebenarnya tercapai serupa tujuan yang diinginkan Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia)

“Mudah-mudahan ke depannya semua tim tingkatan usia bisa bersuara lebih baik lagi di tingkat nasional mewakili Sumatera Barat,” kata pria anggota DPRD Sumbar tersebut.

Foo bersama jelang pertandingan Sumbar (berdiri) vs Jawa Barat (jongkok)

SSB Batuang Taba sepanjang bermain di putaran nasional Piala Menpora U-12 tahun punya catatan cukup bagus. Pada penyisihan grup D, SSB Batuang Taba dua kali memetik kemenangan, yaitu mengatasi wakil Sumsel (1-0) dan SSB Milo Biru juga (1-0). Bermain imbang (1-1) dengan SSB Mayang Putra Deli Serdang (Sumut) dan kalah (0-1) dari wakil Kalimantan Utara, (1-2).

Lolos ke babak 16 Besar, SSB Batuang Taba kembali menuai kesuksesan dengan mengungguli wakil Aceh (2-0). Sayang, Jawa Barat menghentikan ambisi Sumbar untuk mencapai semi final.

“Selangkah lagi anak-anak tembus semi final, tapi rezeki mereka belum sampai kesana. Di babak 8 Besar kita kalah tipis dari Jawa Barat,” tutur Deswandi, SPd, pelatih kepala SSB Batuang Taba.

“Jateng kembali mempertahankan gelar Piala Menpora U-12 serupa tahun lalu. Jateng mengalahkan Sumut (1-0). Keseluruhan yang saya lihat, tahun ini skor semua laga tidak ada yang mencolok, perbedaan tipis saja,” tukas Pak Wen, sapaan familiar Deswandi ini.

The post Terhenti di 8 Besar Nasional Piala Menpora U-12, Indra Dt Rajo Lelo Apresiasi Tinggi Kerja Keras SSB Batuang Taba appeared first on Arenasumbar.com.

]]>
https://www.arenasumbar.com/terhenti-di-8-besar-nasional-piala-menpora-u-12-indra-dt-rajo-lelo-apresiasi-tinggi-kerja-keras-ssb-batuang-taba/feed/ 0 2109