Arena Olahraga Sumatera Barat

Selama Januari, Tim Pelatih Semen Padang FC Prioritaskan Menu Latihan Fisik

Cross Country, Gim dan Renang

PADANG – Selama Januari ini tim pelatih Semen Padang FC lebih prioritaskan menu latihan fisik untuk Hengki Ardiles dan kawan-kawan sebelum berangsur- angsur meningkat ke fase taktikal dan strategi jelang tampil di Liga 2 Indonesia 2018, yang kabarnya berputar Maret mendatang..

Terkait program latihan tersebut, Pelatih Kepala Semen Padang, Syafrianto Rusli membenarkannya usai menggenjot fisik anak asuhnya di pantai Parupuak Tabing Kota Padang, Senin pagi (8/1).

Syafrianto menjelaskan tujuan utama latihan fisik tidak lepas dari pembenahan dan peningkatan kondisi fisik pemain agar bisa memiliki stamina yang prima sepanjang meladeni permainan lawan-lawan nanti.

“Pagi ini kita menggelar latihan fisik dengan metode cross country. Seluruh pemain wajib menempuh jarak jarak 9,6 kilometer dalam 8 putaran pinggiran pantai ini. Tujuannya untuk daya tahan pemain,” ujarnya.

Pekan lalu, Rabu (3/1), cross country ini digelar dengan rute mengitari area perbukitan lapangan golf milik PT Semen Padang, seputaran kawasan perusahaan semen tertua di Asia Tenggara itu.

“Dengan latihan ini juga untuk meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru pemain agar bisa selalu dalam kondisi prima. Kita bisa maintainance kondisi pemain,” sambungnya.

Pelatih yang merupakan salah seorang generasi pertama pemain Semen Padang Galatama di era 1980-an itu mengungkapkan memang sengaja setiap hari pertama dalam sepekan agenda latihan yang disusun tim pelatih adalah melahap menu cross country yang divariasikan berbagai metode lainnya sebagai sesi wajib yang disuguhkan kepada seluruh skuad tim berjulukan Kabau Sirah.

“Setiap awal pekan, program latihan kita mulai dengan menu latihan fisik. Tujuh hari selama sepekan itu, kami kombinasikan perlahan-lahan dengan penurunan intensitasnya, tapi taktikal dan strategi meningkat,” ujarnya.

Instruktur pelatih nasional PSSI itu lebih rinci menerangkan contohnya empat hari program kebugaran pemain dengan berbagai variasi menu latihan fisik, seperti cross country, gim dan lalin-lain. Dan tiga hari lainnya taktikal strategi dan gim internal.

“Perlahan-lahan, setiap pekan skema itu berubah. Menu fisik harinya berkurang dan taktikal strategi bertambah,” tutup pemegang lisensi A AFC sejak 2008 ini mengakhiri pembicaraan dengan arenasumbar.

Komentar

Komentar

Berita Terkait