Arena Olahraga Sumatera Barat

Semen Padang FC vs Jordus FC Kuliti Masa Lalu Hengki Ardiles

Tur Sumbar Semen Padang FC di lapangan Pulai, Sungayang

PADANG – Ada yang berbeda kala Hengki Ardiles dan Semen Padang FC menyambangi markas tim lokal amatir Kabupaten Tanah Datar, Jordus FC, di lapangan sepakbola Pulai, Sungayang, Sabtu sore (10/2) dalam rangkaian menggilir tim-tim amatir lokal se-Sumatera Barat (Sumbar).

Itu karena Pembina Jordus FC, H. Yasman Yanusar, nan notabene Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumbar, jelang kick off pertandingan  menyebutkan masa lalu ikonik Semen Padang FC dan sepakbola Ranah Minang, Hengki Ardiles.

Sontak, dihadapan hampir 2000-an penonton, pencinta sekaligus suporter Semen Padang FC, H. Yasman menyampaikan lagi rekam jejak sang kapten kala masih berusia 18 tahun, tepat di era 1999.

“Saat itu Hengki masih muda. Dia membela tim kampung bernama Porsenas dan melawan Semen Padang Junior yang dilatih Ricky Darman. Momen ini yang menjodohkan Hengki dengan Semen Padang. Penampilannya bersama Porsenas (Persatuan Sepakbola Nagari Sumpur) menarik minat Semen Padang dan mengajaknya bergabung ke Indarung. Sekarang puluhan tahun berlalu, perjalanan karir yang luar biasa baginya. Sore ini El Capitano kembali kesini, lapangan Pulai, Sungayang,” ungkap Yasman yang disambut applus penonton.

“Ini harus jadi motivasi untuk talenta dan bakat-bakat pesepakbola Sumatera Barat, khusunya Tanah Datar sekarang agar meniru semangat Hengki Ardiles yang berjuang dari level terbawah hingga kini masih bermain sebagai pemain profesional,” sambungnya.

Hengki Ardiles seperti yang selama ini diketahui memang memulai karir sejak usia belia, setamat SMA. Pria kelahiran 1981 itu punya bakat alam dan talenta mumpuni yang ditemukan Semen Padang FC pada turnamen sepakbola tarkam, Jordus Cup.

Sejak 1999, pemilik 5 caps Timnas Indonesia, sosok nan setia berkostum Semen Padang, bermula direkrut Semen Padang Pratama (Junior) selanjutnya naik ke tim senior sampai usianya sekarang menginjak 37 tahun.

Sempat semusim hengkang dari Semen Padang FC ke tim Persikabo Bogor, Liga Indonesia 2006/2007, dia kembali pulang ke markas klub yang membesarkan. Serta turut berperan membawa klub berjulukan Kabau Sirah naik tahta ke Liga Super Indonesia 2010/11 usai dua tahun beredar di Divisi Utama Liga Indonesia.

“Kita pantas berikan apresiasi tinggi kepada Hengki. Kitapun mendukung dan mendoakan Semen Padang FC naik lagi ke habitat aslinya, Liga 1 Indonesia,” tutup Pak Haji sapaan karib tokoh penerima penghargaan pembina olahraga terbaik Sumbar.

Hengki Ardiles berkostum Timnas Indonesia/google

“Ya, setelah puluhan tahun. Saya kembali bermain disini. Lapangan Pulai Sungayang. Insha Allah, karena masih dipercaya oleh manajemen. Saya masih sanggup bermain untuk Semen Padang FC. Harapan kami, Liga 2 Indonesia 2018 sekarang, kita bertekad kuat kembali ke Liga 1,” terang Hengki sehabis laga.

BIODATA :

Nama lengkap: Hengki Ardiles
Kelahiran: Malalo (Tanah Datar), 20 Mei 1981
Tinggi/berat: 175 cm/67 kg
Posisi : Bek Kanan-Bek Tengah
No Punggung : 11
Istri: Dewi Wisuda Yanti
Anak: Fidiya Haya Ardiles

KARIR KLUB:
1999 – 2006 Semen Padang FC
2006 – 2008 Persikabo Bogor
2008 – ….. Semen Padang FC

KARIR TIM NASIONAL
2012 – Timnas Indonesia (5 caps)

Komentar

Komentar

Berita Terkait