Arena Olahraga Sumatera Barat

Siti Nurbaya Adventure, Bersepeda dengan Rute Eksotis

Konferensi pers terkait pelaksanaan Siti Nurbaya Adventure di kediaman Dinas Walikota Padang, Ahmad Yani, Kota Padang, Sabtu (7/10/2017).
Konferensi pers terkait pelaksanaan Siti Nurbaya Adventure di kediaman Dinas Walikota Padang, Ahmad Yani, Kota Padang, Sabtu (7/10/2017).

Pemerintah Kota (Pemko) Padang bekerjasama dengan Komunitas Sepeda di Kota Padang menggelar iven bersepeda bertemakan ‘Fun Adventure’, Gowes Siti Nurbaya Adventure, Minggu 29 Oktober 2017, mendatang. Hingga saat ini, tercatat, ada 1.500 peserta yang akan ikut berpartisipasi dalam iven sepeda menarik tersebut.

Ketua Pelaksana Siti Nurbaya Adventure, Delmi Wadri mengatakan, jika iven ini merupakan bersepeda yang bersifa ‘Fun Adventure’ (menyenangkan). Bukan tanpa alasan, karena rute yang disajikan beragam dan tidak biasa.

“Dimana para peserta akan disuguhi rute yang sangat menyenangkan, ada rute di jalan raya biasa, melewati tanjakan menuju Bukit Gado-gado hingga rute yang menurun, menuju pantai air manis,” kata Delmi saat konferensi pers terkait pelaksanaan Siti Nurbaya Adventure di kediaman Dinas Walikota Padang, Ahmad Yani, Kota Padang, Sabtu (7/10/2017).

Ditambahkan Delmi, jika para peserta nantinya akan dimanjakan dengan pemandangan nan eksotis, mulai dari Kota Tua, Pantai Air Manis hingga objek wisata Malin Kundang.

“Selain pemandangan yang menggoda, medannya pun sangat menantang, ada tanjakan yang menguras tenaga, tapi ada juga turunan yang akan memacu adrenalin,” jelas Delmi.

Lanjut Delmi, panitia juga menyiapkan kategori KOM (king of mountain), dimana peserta melalui tanjakan pada daerah Koto Kaciak dengan rute elevasi 11 meter dari permukaan laut dan berakhir pada ketinggian 200 meter dari permukaan laut dengan jarak tempuh sekitar 1.800 meter.

Kemudian, usai mengikuti kegiatan Siti Nurbaya Adventure, tepatnya garis finish, peserta juga akan disuguhkan dengan Pasar Kuliner Rakyat. “Para peserta akan disuguhi kuliner yang menggugah selera, mulai dari kuliner ringan seperti gorengan, kuliner setengah berat, bubur kampiun, ketupat gulai paku, hingga makanan berat,” kata Delmi.

Kegiatan bersepeda ini juga tidak dipungut biaya, alias gratis. “Meski kegiatan ini bisa diikuti secara gratis, panitia juga menyiapkan hadiah hadiah door price yang menarik, mulai dari sepeda gunung, hingga telepon genggam, serta puluhan hadiah hiburan lannya,” sebut Delmi.

Selain itu, Kepala Dinas Olahraga (Kadispora) Kota Padang, Azwin menyebutkan, hingga saat ini, tercatat 1.500 peserta sudah mendaftarkan diri. “Pesertanya beragam, mulai dari Sumatera Barat, provinsi tetangga juga ada, seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu dan Lampung,” kata Azwin.

Namun, diprediksi jumlah peserta akan membludak. Pasalnya, sejumlah komunitas sepeda dari Dinas maupun Instansi di Kota Padang belum mendaftarkan pesertanya.

“Kita bekerjasama dengan utusan komunitas sepeda yang ada, untuk penyelenggaraan iven sepeda yang besar ini,” terang Azwin.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah mengapresiasi langkah dari digelar iven Siti Nurbaya Adventure tersebut. Menurut Mahyeldi, selain menjadi iven sepeda santai, iven ini pula dapat mendongkrak pariwisata Kota Padang.

“Karena iven ini menyajikan rute-rute yang menarik dan fun (menyenangkan), ini salah satu daya tarik bagi Kota Padang, kami apresiasi hal itu,” apresiasi Mahyeldi.

Komentar

Komentar

Berita Terkait