Tarian ‘Alah Manyasa’ SMK 2 Lubuk Basung Masuk Harapan 1 FSL2N Sumbar

Agam – Tari tradisi ‘Alah Manyasa’ yang dibawakan pelajar SMK N 2 Lubuk Basung, Kabupaten Agam berhasil mendapatkan harapan 1 dalam FLS2N tingkat SMA/SMK Tingkat Sumbar.

Tari yang berkonsep tunggal itu dibawakan Taufiqurrahman, pelajar Kelas IX. Taufiq menjadi satu-satunya perwakilan Agam di tingkat Sumbar.

“Alhamdulillah ananda kami, Taufiqurrahman juara harapan pertama di FLS2N Sumbar. Untuk tingkat SMK, SMKN 2 Lubuk Basung merupakan satu-satunya yang mewakili Agam,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Retna Nirwati, Sabtu 26 September 2020.

Retna mengatakan Taufiq bertanding dengan meraih 75 poin, atau terpaut 5 poin dari juara ketiga dari SMK N 3 Padang

Dengan hasil tersebut, meski persiapan dilakukan hanya satu bulan, pihaknya merasa puas dengan hasil yang diraih siswa SMKN 2 Lubuk Basung tersebut.

“Persiapan dilakukan selama satu bulan yang intens, siswa kami Taufiqurrahman cukup disiplin selama latihan,” ujar Retna.

Pelatih tari Taufiqurrahman Rosmiwanti dari Sanggar Tari Pitunggua Kabupaten Agam menceritakan bahwa tarian ‘Alah Manyasa’ merupakan tari tunggal yang diangkat dari ‘Kaba Simawang’.

“Karena, lomba tari tradisi pada FLS2N harus membawakan karya sendiri, maka dengan itu diminta untuk menampilkan tarian yang sebelumnya belum pernah ditampilkan,” kata Rosmiwanti.

Sementara itu Taufiqurrahman mengaku mendalami karya itu selama enam hari latihan.

Berita Terkait
Comments
Loading...