Arena Olahraga Sumatera Barat

Terima Surat Ratu Tisha, Yulius Dede Kumpulkan Wasit Asprov PSSI Sumbar

Program Akselerasi Peningkatan Kualitas Wasit Nasional

PADANG – Menanggapi surat yang ditanda tangani Sekjen PSSI Ratu Tisha bernomor 351/PDG/18/I/2018 tanggal Jakarta, 19 Januari 2018 perihal Daftar Data Base Wasit Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI di seluruh Indonesia, komite wasit Asprov PSSI Sumbar langsung menindak lanjuti dengan mengumpulkan seluruh wasit yang ada di Stadion H. Agus Salim, Padang, Jum’at (26/1).

Hal itu dibenarkan Yulius Dede, Wakil Ketua Komite Wasit kepada arenasumbar, Minggu siang (28/1). “Ya, kita kumpulkan Jum’at kemaren. Dan langsung kita minta seluruh wasit yang ada di Sumbar berlisensi nasional maupun FIFA untuk mengisi formnya,” ujar Yulius Dede.

“Kita minta serahkan form isian dengan kelengkapan syarat-syarat yang diminta pusat. Pas foto 4 X 6, foto copy ijazah terakhir, foto copy sertifikat FIFA, C-I, C-II, dan C-III. Dan bagi yang bagi yang tidak hadir tidak di masukan ke database Nasional,” sambungnya.

Menurut Dede, itu dilakukan karena tujuan PSSI Pusat membutuhkan data base dalam rangka program akselerasi peningkatan kualitas wasit dan asisten wasit menghadapi seluruh kompetisi PSSI 2018 ini.

“PSSI meminta data base wasit Nasional dan FIFA terkait biodata dengan jumlahnya. Untuk kita di Sumbar wasit nasional 59 orang dan asisten wasit FIFA 1 orang. Total keseluruhan. ada 60 orang dan sudah dikirim ke Jakarta,” jelas pria yang pernah menjadi wasit berlisensi FIFA itu.

Pada kesempatan itu, Dede turut mengungkapkan mereka dari komite wasit Asprov PSSI Sumbar juga langsung memberikan pemahaman mengenai aturan-aturan baru pertandingan kepada seluruh wasit asal Sumbar ini.

“Saya, Syahrul Gafar dan Ali Usman yang baru selesai mengikuti kursus Inspektur Wasit Nasional beberapa hari lalu, telah menyampaikan hal-hal baru terkait aturan-aturan pertandingan kepada seluruh wasit terkini,” ujarnya.

Hingga memasuki periode kepengurusan 2017 – 2021, Asprov PSSI Sumbar tetap berkomitmen tinggi memberikan kesempatan kepada seluruh wasit dibawah naungannya untuk meningkatkan kapasitas, integritas, dan up date kemampuan.

Tercatat, Aprisman Aranda, Beni Handriko, Edo Wiradana, Arnando, Yudi Prasojo, Parizon, Rihul Munandar, Asprianton, Afrizal adalah beberapa diantara wasit asal Sumbar yang telah diberikan kepercayaan oleh PSSI Pusat untuk memimpin sejumlah laga di kompetisi Liga 1 maupun Liga 2.

“Semoga kedepannya, Sumbar terus melahirkan wasit-wasit berkualitas. Makanya, kita cepat merespon instruksi pusat untuk pengumpulan data base ini,” tutup Yulius Dede.

Komentar

Komentar

Berita Terkait