Arena Olahraga Sumatera Barat

Tiga Pengadil Usia Muda Asprov PSSI Sumbar Ikuti Program Pengembangan Wasit Nasional

Bayu, Baik dan Wina telah berada di National Youth Training Center PSSI, Sawangan

arenasumbar.com – Asprov PSSI Sumbar telah mengirimkan tiga wasit usia muda untuk mengikuti program pengembangan wasit yang diadakan PSSI Pusat di National Youth Training Center, SawanganDepok, mulai 6 Juli sampai 16 Juli 2018 mendatang.

Ketiga wasit itu adalah Bayu Pratama, Baik Wijaya dan Wina Aprilia telah berada di Sawangan, Depok lokasi National Youth Training Center PSSI selama 5 hari hingga Selasa ini (10/7).

Dihubungi arenasumbar.com Selasa siang, salah satu wasit muda Asprov PSSI Sumbar Bayu Pratama membenarkan dirinya bersama kedua rekannya telah mengikuti Program Pengembangan Wasit Muda PSSI sekaligus Program Elite Pro-Academy U-16 klub profesional Liga 1 2018.

Selama menjalani program, Bayu menceritakan mereka diuji fitnes test di Stadion Pakansari, Cibinong dan dan menerima materi tentang Law of The Game terbaru 2018-2019 di Sawangan, NYTC PSSI.

“Kami mendapatkan banyak ilmu maupun pengetahuan soal peraturan permainan sepakbola. Mengenai materi teknis, law of the game terbaru dan mental kepemimpinan wasit. Selain itu, kami juga ditugaskan memimpin pertandingan tim-tim profesional Liga 1 2018 di level Elite Pro-Academy U-16 disini,” tutur pria lajang asal Kabupaten Dharmasraya itu.

“Alhamdulillah dengan dipercayai oleh Asprov PSSI Sumbar ikuti program ini, saya pribadi dan teman- teman menjadi lebih percaya diri nantinya dalam bertugas mengadili pertandingan sepakbola,” sambung Bayu.

Foto bersama seluruh peserta Program Pengembangan Wasit Muda PSSI 2018/ist

Terpisah Komite Wasit Asprov PSSI Sumbar Yulius Dede mengatakan Asprov PSSI Sumbar tidak hentinya memberikan kesempatan kepada wasit-wasit sepakbola Sumatera Barat dalam meningkatkan kapasitas selaku pengadil pertandingan sepakbola.

Terkait penunjukan ketiga wasit muda tersebut, menurut mantan wasit FIFA ini memang melalui permintaan resmi PSSI Pusat via surat resmi yang ditanda tangani langsung Sekjen Ratu Tisha dua pekan lalu.

Karena itu, Komite Wasit Asprov PSSI Sumbar mengirimkan Bayu, Baik dan Wina untuk mengikuti Program Pengembangan Wasit Muda dan Elite Pro-Academy U-16 Tim Profesional Liga 1 2018.

“Kita melihat ketiga wasit muda kita ini punya memenuhi persyaratan yang diminta PSSI Pusat. Ada lisensi wasit C2 atau C3 Nasional serta aktif memimpin dalam 2 tahun terakhir. Kemudian usia mereka sesuai yang diminta, tidak lebih 25 tahun atau kelahiran per 1 Januari 1993 dan setelahnya. Dan penting sekali wasit yang kita kirim memiliki kesehatan fisik dan mental optimal,” terang Yulius Dede.

“Semoga Bayu, Baik dan Wina setelah ikut Program Pengembangan Wasit Muda dan Elite pro-Academy U-16 Tim Profesional Liga 1 2018 semakin bertambah bagus pengetahuan dan wawasan masing-masing sebagai pengadil pertandingan nanti. Apalagi sekarang tengah berputar kompetisi PSSI Liga 3 dan Piala Soeratin zona Sumbar,” tutupnya

Komentar

Komentar

Berita Terkait