• Sun. Nov 27th, 2022

Arenasumbar.com

Arena Olahraga Sumatera Barat

Tuan rumah G20 Indonesia mengatakan Putin mungkin ingin bergabung dengan KTT secara virtual

Byselasa

Nov 8, 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin akan bergabung dengan KTT para pemimpin G20 minggu depan “jika situasinya memungkinkan”, mitranya dari Indonesia dan tuan rumah pertemuan mengatakan pada hari Selasa, menambahkan bahwa Putin dapat hadir secara virtual sebagai gantinya.

Joko Widodo, yang merupakan ketua blok ekonomi utama tahun ini, mengatakan Putin selama percakapan telepon pekan lalu tidak mengesampingkan menghadiri KTT di Bali, dan akan bergabung jika memungkinkan.

Surat kabar Financial Times sebelumnya mengutip Jokowi yang mengatakan bahwa percakapannya dengan Putin telah membuatnya memiliki “kesan kuat” yang tidak akan dia hadiri.

Pertemuan Bali diperkirakan akan didominasi oleh ketegangan atas invasi Rusia ke Ukraina, yang oleh Moskow disebut sebagai “operasi khusus”.

Kementerian luar negeri dan istana kepresidenan Indonesia tidak segera menanggapi permintaan dari Reuters untuk berkomentar.

Sebagai tuan rumah G20, Indonesia telah menolak tekanan dari negara-negara Barat dan Ukraina untuk mengeluarkan Putin dari KTT para pemimpin dan mengusir Rusia dari kelompok itu, dengan mengatakan tidak memiliki wewenang untuk melakukannya tanpa konsensus di antara para anggota.

Jokowi dalam sebuah wawancara dengan Financial Times mengatakan Rusia menyambut baik KTT itu, yang dia khawatirkan akan dibayangi oleh peningkatan ketegangan internasional yang “sangat mengkhawatirkan”.

“G20 tidak dimaksudkan sebagai forum politik. Ini dimaksudkan untuk menjadi tentang ekonomi dan pembangunan,” katanya seperti dikutip.

Indonesia juga telah mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, yang telah mengatakan dia tidak akan ambil bagian jika Putin melakukannya.

Beberapa pemimpin dunia lainnya, termasuk Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping, diperkirakan akan hadir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *