Arena Olahraga Sumatera Barat

Tur Sumbar : Hiburan Rakyat Dekatkan Diri, Semen Padang FC Belum Teruji

Rancang training camp dan ikut turnamen level atas

PADANG – Semen Padang FC nyaris memenangi seluruh pertandingan ujicoba yang dikemas dalam program tur Sumbar ke sejumlah Kabupaten/Kota.

Catatannya, yakni menang 2-0 vs Solok FC, Rabu (24/1), di Stadion H. Agus Salim, Padang, Rabu (24/1). Kemudian 4-0 vs Piaman FC dan 5-2 vs Batang Anai FC dilapangan sepakbola Rajo Sampono, Katapiang, Padang Pariaman, Rabu (31/1). Seterusnya 2-0 kontra Limapuluh Kota Selection I dan 1-1 vs Gasliko Selection II di lapangan sepakbola Balai Rupih, Simalanggang Kab. Limapuluh Kota, Sabtu (3/2). Kemudian 3-1 vs Bayang FC dan 3-1 vs Pespessel, di Stadion H. Ilyas Yacub, Painan, Kab. Pesisir Selatan, Rabu (7/2).

Terkini, dua partai beruntun akhir pekan ini, Manda Cingi dan kawan-kawan unggul besar, 6-1 dengan Jordus FC, 6-1, di lapangan Pulai, Sungayang, Kab. Tanah Datar, Sabtu (10/2). Ke-enam gol Semen Padang FC dihasilkan oleh dwigol Elthon Maran plus Ananias Fingkrew, Irsyad Maulana, Hengki Ardiles dan Rudi. Sedangkan balasan semata wayang Jordus FC diciptakan melalui sepakan penalti Eba.

Sementara menghadapi salah satu tim peserta Liga 3 Indonesia 2018 Sumbar, PS GAS, di lapangan Talawi Putra, Kota Sawahlunto, Minggu sore (11/2). Semen Padang FC kembali bermain imbang 1-1. Gol asuhan pelatih Syafrainto Rusli diciptakan Rosad Setiawan dan dibalas Johan Saputra.

Meski banyak menang. Menilik hasil dan penampilan keseluruhan skuad Semen Padang FC, apa yang ditunjukan Hengki Ardiles dan kawan-kawan layak disebut belum punya daya tahan dan daya ledak mumpuni. Kekuatan mereka belum teruji sepenuhnya untuk terjun mengarungi Liga 2 Indonesia 2018 nanti.

Apalagi target promosi ke habitat asli Liga 1 pasca turun kasta di musim 2017 lalu. Komposisi pemain yang disiapkan Syarianto Rusli, arsitek Semen Padang FC belum dapatkan high pressure dari lawan-lawan sejauh ini, sebab berada di bawah level mereka.

Bahkan ada kecenderungan program Tur Sumbar, terlihat hanyalah berupa penyuguhan hiburan rakyat semata. Agaknya tujuan utama biar lebih mendekatkan diri dengan seluruh lapisan pendukung akar rumput.

“Memang kekuatan mereka belum teruji sepenuh. Terutama lini belakang. Lawan-lawan kita (Semen Padang FC) dalam Tur Sumbar tidak level kita,” sebut Syafrianto Rusli.

Syafrianto beralasan secara taktik permainan, hal utama yang ingin didapatnya sudah terlihat walau masih kerap tidak konsisten.

“Skema permainan sudah tampak. Taktikal dan strategi mulai menemukan chemistry antar lini. Gol-gol yang dihasilkan mereka semuanya lewat proses kerjasama dan penyelesaian akhir. Istilahnya tidak ada yang gol hantu atau individu pemain. Ini hal positif yang kita temukan,” beber pemegang lisensi kepelatihan A AFC sejak 2008 itu.

“Semua butuh proses bertahap. Tim ini bisa dikatakan baru. Cuma ada beberapa pemain lama yang tinggal. Hengki, Rudi, Irsyad. Itupun Novrianto dan Agung Prasetyo sampai kini berkutat dengan cedera mereka. Kamipun (Semen Padang FC) masih menunggu kapan pastinya Liga 2 bergulir. Kita punya waktu menyusun kekuatan tim ini,” sambungnya.

Dengan total 9 laga ujicoba sudah dilakoni. Melesatkan 26 gol dan kemasukan 6 gol. Semen Padang FC akan menuntaskan Tur Sumbar, pekan depan, ke Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (14/2) menghadapi PS. Pasbar dan ditutup mengunjungi Kota Bukittinggi, Sabtu (17/2).

Tuntasnya Tur Sumbar, Semen Padang FC mesti meningkatkan kapasitas tim dengan bertemu klub-klub selevel atau diatasnya.

“Habis Tur Sumbar, kita bersama manajemen merancang training camp di Jakarta dan mengikuti salah satu turnamen yang pesertanya selevel atau diatas kita,” tutup Syafrianto.

Hasil lengkap Tur Sumbar :
– Rabu (24/1) vs Solok FC (2-0)
Pencetak gol : Rosad Setiawan, Apriyogi

– Rabu (31/1) Kab. Padang Pariaman :
vs Piaman FC (4-0), vs Batang Anai FC (5-2)
Pencetak Gol : Ananias Fingkrew (3), Mardiono (2), Elthon Maran, Rosad Setiawan, Agung Supriyanto, Rudi

– Sabtu, (3/2) Kab. Limapuluh Kota :
vs Limapuluh Kota Selection I (2-0), Gasliko Selection II (1-1)
Pencetak Gol : Ananias Fingkrew (2), Irsyad Maulana

– Rabu (7/2) Kab. Pesisir Selatan :
Bayang FC (3-1), Pespessel (3-1)
vs Pencetak Gol : Rosad Setiawan (2), Mardiono, Ananias Fingkrew, Ronaldo Eko Yulianto, Irsyad Maulana

– Sabtu (10/2) Kab. Tanah Datar :
vs Jordus FC Sungayang (6-1)
Pencetak Gol : Elthon Maran (2), Ananias Fingkrew, Irsyad Maulana, Rudi, Hengki Ardiles

– Minggu (11/2) Kota Sawahlunto :
vs GAS Sawahluto
Pencetak Gol : Rosad Setiawan

Komentar

Komentar

Berita Terkait