Arena Olahraga Sumatera Barat

Uji Kerangka Utama, Semen Padang FC Pikirkan Agenda Ujicoba

Rancang Try in da Try out

PADANG – Semen Padang FC sudah punya kerangka utama tim yang berjumlah 21 pemain sebagai modal untuk melakoni misi besar keluar dari kasta kedua Liga Indonesia 2018 nanti.

Pasca terdegradasi, komposisi pemain bakal ditulang punggungi lima pemain line-up skuad Liga 1 Indonesia 2017 lalu, yakni Hengki Ardiles, Agung Prasetyo, Novrianto, Rudi dan Irsyad Maulana.

Bersama yunior mereka yang mayoritas berasal dari tim binaan Semen Padang FC U-21, jajaran pelatih mulai memberikan variasi program latihan.

“Ya, program fisik intensitasnya kita turunkan dan sesi taktikal dan strategi kita naikan. Jadi grafiknya dibuat seperti itu,” terang pelatih kepala Syafrianto Rusli setelah latihan berakhir, Juma’t sore (12/1).

Pelatih yang tercatat sebagai generasi pertama pemain Semen Padang FC kala berdiri di tahun 1980 ini menjelaskan tujuan metode latihan yang disuguhkannya untuk memacu progress penampilan individu pemain, kuat fisik dan teknis yang akan menyasar top performa tim secara menyeluruh saat Liga 2 bergulir nantinya.

“Secara bertahap setiap pekan, kami jajaran pelatih telah menyusun metode latihan dengan sasaran akhir performa pemain dan tim meningkat. Diawali fokus pembenahan dan penguatan fisik pemain setelah itu perlahan berkurang, kita intensifkan taktikal dan strategi,” sambungnya.

“Tapi ketika program fisik berkurang, maintenance tetap berjalan,” tambah pria yang juga salah seorang instruktur pelatih nasional PSSI ini.

Guna mengasah taktikal tim ini, Syafrianto Rusli dan asuhannya akan turun gunung ke Stadion H. Agus Salim, pekan depan untuk melakukan internal games yang dipimpin wasit resmi Asprov PSSI Sumbar.

“Di lapangan mess, gim internal hanya berdurasi singkat dan itupun dipimpin tim pelatih sebagai wasitnya. Pekan depan kami rencanakan internal games 2 x 45 menit di Stadion H. Agus Salim, menggunakan tiga orang wasit resmi,” jelas eks. pelatih PSPS Pekanbaru Liga Indonesia 2007.

Senada dengan jajaran pelatih, manager tim Win Bernadino mengatakan untuk pakem permainan yang diasah setiap sesi latihan terus dimatangkan baik itu lewat internal games maupun menggelar ujicoba lawan klub-klub lokal Sumbar di pekan terakhir Januari mendatang.

“Sesuai tahapan program latihan jajaran pelatih, rencananya begitu. Kita (SPFC) akan latih tanding melawan klub lokal Padang atau Sumbar. Mungkin Rabu atau Kamis, pekan terakhir bulan ini. Mainnya di Stadion H. Agus Salim,” sebut Win.

“Untuk mematangkan tim, Februari kita mungkin banyak try in. Lawannya tetap tim-tim lokal dulu seputar Sumbar dulu lah. Setelah try in, kita coba uji kekuatan lawan salah satu tim Liga 1. Bisa pertengahan atau pekan terakhir Februari. Mana tahu PSMS Medan mau kesini, kan sama-sama persiapan kompetisi. Tapi PSMS ikut Piala Presiden ya?,” tutupnya.

Komentar

Komentar

Berita Terkait